Find Us On Social Media :

Career Support: Platform Pengembangan Karier untuk Fresh Graduate dan Magang

By Rafki Fachrizal, Senin, 14 Juni 2021 | 16:30 WIB

Ilustrasi Career Support

Salah satu penyebab sulitnya lulusan baru (fresh graduate) dan magang mendapatkan pekerjaan adalah persiapan karier yang kurang matang, baik itu oleh pihak siswa/i maupun pihak lembaga pendidikan (Perguruan Tinggi/SMK).

Berdasarkan sebuah survei, 87 persen lulusan baru dan magang di Indonesia merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan pertamanya.

Sementara itu, 85 persen lembaga pendidikan tidak memiliki pusat pengembangan karier. Padahal, dengan memiliki hal tersebut lembaga pendidikan bisa membantu lulusan baru dan magang dalam mempersiapkan kariernya.

Hal inilah yang melatar belakangi hadirnya Career Support, sebuah startup yang menyediakan solusi pengembangan karier terintegrasi dan end-to-end melalui pemanfaatan platform digital.

Diluncurkan pada tahun 2018, Career Support merupakan platform digital terintegrasi berbasis ‘social enterprise’ satu-satunya di Indonesia, yang fokus pada solusi pengembangan karier khusus bagi lulusan baru dan magang untuk tingkat Perguruan Tinggi dan SMK.

“Career Support bertujuan membantu generasi muda Indonesia dalam menemukan pekerjaan impiannya melalui job matching dan mentoring karir yang komprehensif,” kata Lena Soenarto, Co-founder Career Support.

Dijelaskan Lena, Career Support tidak hanya sekedar job portal. Career Support membantu lulusan baru dan magang dalam menemukan pekerjaan dengan berbagai layanan antara lain data karir digital, CV online, dan mentoring karier.

Bagi pusat karier di Perguruan Tinggi dan SMK, Career Support membantu meningkatkan performa pusat karier mereka dalam mempromosikan siswa/i dan lulusannya kepada perusahaan dengan strategi digital yang lebih efektif.

“Perguruan Tinggi dan SMK juga dapat lebih mudah dalam membuat database perkembangan karier para lulusannya,” jelas Wanita yang pernah bekerja di perusahaan KPMG dan Huawei Technologies itu.

Lena Soenarto (Co-founder Career Support)

Permudah Perusahaan Temukan Lulusan Baru dan Magang

Selain solusinya dapat dimanfaatkan para siswa/i dan lembaga pendidikan, Career Support juga dapat membantu permudah berbagai perusahaan dalam menemukan lulusan baru dan magang terbaik dari lembaga pendidikan.

Untuk diketahui, mencari lulusan baru dan magang merupakan tantangan bagi banyak perusahaan di Indonesia.