Find Us On Social Media :

Bagaimana Hasil Uji Kecepatan 5G Telkomsel di Jakarta dan Tangerang?

By Adam Rizal, Senin, 14 Juni 2021 | 15:30 WIB

Oppo 5G

Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G secara komersial di beberapa wilayah di Jabodetabek, sejak Kamis (27/5/2021).

Pada tahap awal, layanan 5G tersedia di enam titik di Jakarta, mencakup wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Pondok Indah, Kelapa Gading, perumahan Widya Chandra, serta wilayah dan Tangerang Selatan seperti Bumi Serpong Damai (BSD) dan Alam Sutera.

Pada Minggu (13/6/2021), KompasTekno pun menelusuri keenam titik jaringan 5G tersebut untuk melakukan tes uji kecepatan 5G Telkomsel (benchmark).

Perangkat pendukung Perangkat yang digunakan dalam uji kecepatan 5G Telkomsel ini adalah Oppo Reno5 5G, yang dipasangi aplikasi Speedtest dari Ookla.

Ponsel Oppo Reno5 5G yang dipakai dalam pengujian ini sudah diunlock untuk mendapatkan sinyal 5G yang diusung Telkomsel, yakni di frekuensi 2.300 MHz, alias n40.

Selain itu, SIM card atau nomor Telkomsel yang kami gunakan juga sudah terdaftar sebagai penerima jaringan 5G di jaringan Telkomsel, sehingga sinyal yang didapat benar-benar merupakan sinyal 5G.

Untuk mekanisme benchmark, kami melakukan pengujian sebanyak tiga kali di lokasi yang sama untuk mengambil angka tertinggi.

Kemudian, kami juga melakukan pengujian kecepatan 4G untuk mengetahui perbandingan kecepatan dengan jaringan 5G di area tersebut.

Lantas, bagaimana hasilnya?

Download tembus 312 Mbps

Di area BSD, tepatnya di BSD Square, jaringan 5G Telkomsel memiliki kecepatan unduh (download) hingga 312 Mbps dan unggah (upload) hingga 73,1 Mbps dengan latensi (latency) 17 ms.

Angka tersebut lebih tinggi dibanding jaringan 4G Telkomsel di wilayah yang sama dengan kecepatan download 89,2 Mbps, upload 39,3 Mbps, dan latency 20 ms. Pengalaman serupa juga bisa dirasakan di wilayah Pondok Indah, tepatnya di Pondok Indah Plaza 1.