Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Aktifkan VPN di iPhone dan iPad?

By Adam Rizal, Rabu, 16 Juni 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi Pengguna VPN

Saat ini penggunaan Virtual Private Network atau VPN bukan lagi hal baru dan hampir setiap pengguna pernah melakukannya.

Sistem VPN bisa digunakan di berbagai perangkat, seperti desktop, komputer tablet, serta smartphone.

Bagaimana cara aktifkan VPN di iPhone, iPad, dan perangkat iOS lain?

Pengguna iPhone atau iPad bisa aktifkan VPN dengan aplikasi populer, seperti ExpressVPN, NordVPN, Surfshark, Hotspot Shield, hingga IPVanish.

Untuk cara aktifkan VPN di iPhone menggunakan aplikasi, pengguna cukup memasangnya (install) dengan meng-kliknya.

Selanjutnya, pengguna bisa membuka aplikasi tersebut dan memilih wilayah yang diinginkan. Kemudian, aplikasi akan meminta pengguna untuk memasang profil VPN.

Izinkan aplikasi tersebut memasang profil VPN secara otomatis dengan menekan tombol "Allow". Lalu, masukkan nomor PIN iPhone Anda.

Beberapa saat kemudian, Anda bisa langsung bisa terhubung dengan jaringan VPN di negara yang Anda pilih dengan mengklik tombol "Connect".

Adapun logo "VPN" bakal muncul di status bar tampilan iPhone Anda, apabila layanan VPN sudah berhasil terhubung.

Cara aktifkan VPN di iPhone secara manual

Selain melalui aplikasi, pengguna iPhone dan iPad juga bisa mendaftarkan profil VPN yang Anda pilih melalui menu pengaturan (Settings).

Pertama-tama, kunjungi menu "Settings" > "General" > dan "VPN". Lalu, pilih menu "Add VPN Configurations" dan pilih jenis VPN yang akan didaftarkan. Lalu, klik "Add Configurations".