Find Us On Social Media :

Pemanfaatan AMD EPYC 7003 Series di Berbagai Bidang, Seperti Apa?

By Dayu Akbar, Selasa, 15 Juni 2021 | 14:18 WIB

Dengan diluncurkannya prosesor AMD EPYC 7003 Series, AMD menetapkan standar baru untuk datacenter yang lebih modern. AMD EPYC 7003 Series menggunakan arsitektur x86 dan teknologi pemrosesan 7nm untuk memberikan performa dan efisiensi dengan core counts yang tinggi. Selain itu juga menghadirkan konektivitas berkecepatan tinggi dengan PCIe Gen4, dukungan 8 channel memory DDR4-3200 berkecepatan tinggi dengan kapasitas hingga 4 TB per socket.Kini lebih dari 200 cloud instance pada seri prosesor AMD EPYC dengan lebih dari 100 platform server baru dari mitra OEM yang akan mendukung prosesor baru tersebut. Hingga saat ini, AMD memiliki lebih dari 200 rekor dunia di seluruh rangkaian EPYC, dan lebih dari 100 solusi di berbagai spektrum kebutuhan bisnis, semuanya dimungkinkan melalui mitra ekosistem AMD.

Baca Juga: CPU Server Terkencang di Dunia, AMD EPYC 3rd Gen Resmi MeluncurBerikut adalah bagaimana ekosistem di sekitar Prosesor AMD EPYC 7003 Series memungkinkan dukungan untuk bisnis:High Performance Computing (HPC)  AMD EPYC 7003 Series menawarkan rangkaian prosesor dengan kepadatan tinggi dan frekuensi tinggi. Prosesor dengan kepadatan tinggi menawarkan performa tingkat server yang luar biasa untuk memecahkan masalah yang bersifat solusi tinggi, sementara prosesor berfrekuensi tinggi mengoptimalkan performa per core untuk software aplikasi light thread yang dilisensikan per core. Prosesor AMD EPYC 7003 Series menawarkan performa generasi dan kompetitif yang signifikan untuk beban kerja HPC utama. Pengaplikasiannya sudah digunakan di berbagai bidang, termasuk ilmu material, manufaktur, eksplorasi minyak dan gas, hingga perawatan kesehatan.Database RelasionalAMD EPYC 7003 Series menyediakan fitur unik yang dapat dimanfaatkan oleh relational database management system (RDBMS). Database relasional dapat menggunakan memori dalam jumlah besar untuk beban kerja transaksional dan beban kerja untuk melakukan caching data yang sering diakses dan meta data. AMD juga mengumumkan performa industri terdepan dan hasil performa-harga menggunakan database relasional dengan mitra ekosistem AMD.Data AnalitikSejak prosesor EPYC generasi pertama, AMD telah mendemonstrasikan keunggulan soket tunggal untuk analisis data dengan memungkinkan organisasi menargetkan keseimbangan optimal untuk beban kerja perusahaan. Sistem berbasis AMD EPYC 7003 Series memberikan jumlah core tinggi dan cache yang besar dan terpadu yang menghasilkan latensi rendah dan kinerja tinggi untuk operasi perusahaan Redis Enterprise.

Redis Enterprise adalah platform basis data NoSQL dalam memori tangguh yang dibangun oleh orang-orang yang mengembangkan Redis open source. Tes benchmark yang ditampilkan menunjukkan performa operasi per detik dari Redis Enterprise yang membandingkan sistem server berbasis AMD EPYC Generasi Ketiga dengan sistem berbasis server Intel Xeon teratas.  

Baca Juga: Supercomputer Terkencang di Singapura Gunakan AMD EPYC 7003 SeriesInfrastruktur Desktop Virtual (VDI)VDI menyediakan akses jarak jauh ke aplikasi dan alat bisnis utama dengan tetap menjaga keamanan data perusahaan. Saat jumlah pekerja jarak jauh meningkat, bisnis perlu memiliki kemampuan untuk menskalakan infrastruktur VDI mereka untuk mendukung lebih banyak pengguna sambil mempertahankan latensi rendah untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik. Sistem yang menggunakan AMD EPYC 7003 Series, dengan core berperforma tinggi, kepadatan core terdepan di industri, dan bandwidth memori tinggi, dapat memberikan lebih dari dua kali lipat jumlah pengguna desktop virtual dengan pengalaman pengguna yang baik. Public CloudPenyedia cloud terkemuka termasuk AWS, Alibaba Cloud, Google Cloud, IBM Cloud, Microsoft Azure, Oracle Cloud, dan Tencent Cloud, telah melakukan investasi teknologi mereka pada prosesor AMD EPYC untuk memberikan performa, skalabilitas, dan fitur keamanan di cloud. Saat ini, layanan cloud terbesar dan terpenting di dunia didukung oleh AMD EPYC, diantaranya yaitu Office365, Microsoft Teams, Tencent Meetings, Twitter, dan Zoom. Oracle Cloud Infrastructure (OCI) juga mengumumkan instance cloud OCI Flexible E4 berbasis AMD EPYC 7003 Series. Instans OCI E4 adalah instans komputasi tujuan umum yang menunjukkan peningkatan performa generasional dua digit seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Begitu pula dengan Microsoft Azure yang mengumumkan instance HBv3 bertenaga AMD EPYC 7003 Series, yang menghadirkan performa kelas terdepan, skalabilitas message passing interface (MPI), dan efisiensi biaya untuk berbagai beban kerja HPC real-world. Instance seri Azure HBv3 yang dioptimalkan HPC juga memberikan performa generasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan instance HBv2 generasi sebelumnya.

Baca Juga: Supercomputer Pelmutter Bakal Dipersenjatai AMD EPYC 7003 SeriesPrivate CloudAMD telah bekerja dengan mitra ekosistem untuk menciptakan solusi cloud privat yang optimal berdasarkan model tradisional, dimana komputasi dan penyimpanan terpisah, serta Hyperconverged Infrastructure (HCI) penuh, abstraksi software dari arsitektur penyimpanan enterprisetradisional. Model tradisional menawarkan performa dan skalabilitas terbaik sementara HCI menawarkan pengalaman cloud yang dikelola secara privat bersama dengan efisiensi dan kelincahan yang menyertainya. Kolaborasi bersama antara VMware dan tim teknik AMD baru-baru ini menghasilkan peningkatan performa tambahan di vSphere 7.0U2 pada server yang didukung oleh prosesor AMD EPYC. Komputasi RahasiaAMD adalah yang pertama menghadirkan kemampuan enkripsi yang dipercepat hardware untuk mengaktifkan komputasi rahasia dengan dampak performa terbatas dan transparansi penuh pada aplikasi. Google dan Microsoft telah mengumumkan rencana ketersediaan VM Rahasia mereka menggunakan prosesor AMD EPYC 7003 Series generasi ke-3. Selain itu, VMware mengumumkan Confidential vSphere Container Pods di vSphere 7.0 U2 yang menghadirkan komputasi rahasia ke cloud privat.