Find Us On Social Media :

Kini Fitur Eksklusif Google Workspace Bisa Diakses Semua Pengguna

By Adam Rizal, Kamis, 17 Juni 2021 | 13:00 WIB

G Suite

Google memiliki layanan khusus yang memanjakan perusahaan yaitu Google Workspace atau Google G Suite. Google Workspace adalah layanan berbayar untuk mendongkrak produktivitas pegawau.

Kini, layanan Google Workspace dapat digunakan oleh semua pengguna akun Google secara cuma-cuma. Semua pengguna juga bisa mengakses semua fitur dan layanan versi enterprise secara leluasa.

Google Workspace menawarkan beberapa aplikasi dan fitur seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, Slides, Spreadsheet, dan Meet.

"Dengan menghadirkan Google Workspace kepada semua orang, kami memudahkan orang-orang agar dapat tetap terhubung, terkelola, dan mencapai lebih banyak hal bersama," ungkap pihak Google dalam keterangan resminya.

Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Chat. Pada April lalu, Google mengintegrasikan fitur Google Meet, serta memberikan early access fitur Chat dan Rooms pada aplikasi Gmail untuk pengguna gratisan.

Tiga layanan Google itu sedianya berguna untuk menunjang komunikasi dan kolaborasi dengan pengguna Google lainnya. Kini ketiganya sudah terintegrasi dan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna akun Google gratisan di Gmail versi web maupun aplikasi.

Fitur Chat dan Rooms sendiri memungkinkan pengguna Gmail untuk mengobrol dengan kolega, memberikan penugasan, hingga membuat reminder di Google Calendar di dalam grup secara langsung.

Tak hanya itu, di fitur Chat dan Rooms ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi file dalam berbagai format. Mulai dari docx, pdf, png, hingga dokumen dari layanan Google Workspace seperti docs, spreadsheet, slides, form, dan sebagainya.

Menariknya, ketika pengguna membagikan tautan dokumen Google Workspace tadi, pengguna bisa mengaksesnya langsung dari fitur Chat di Gmail versi web, tanpa perlu keluar dari Gmail. Anda juga bisa mengakses sekaligus menyunting (edit) file Google Workspace tadi langsung dari Chat Gmail.

Cara mengaktifkan fitur Chat dan Rooms

Dua fitur ini sudah tersedia dan bisa dinikmati seluruh pemilik akun Google, baik yang gratisan maupun berlangganan. Untuk bisa menikmati fitur ini, pengguna perlu terlebih dahulu mengaktifkannya secara manual.

Untuk Gmail versi web, pengguna bisa mendapatkan fitur Chat dan Rooms di Gmail web dengan mengaktifkannya di "settings" > "see all settings" > "Chat and Meet". Lalu di bagian pengaturan "chat", ubah pilihan dari "Classics Hangouts" menjadi "Google Chat".