Find Us On Social Media :

YouTube Hentikan Iklan Politik, Judi, hingga Alkohol

By Adam Rizal, Jumat, 18 Juni 2021 | 15:30 WIB

Ilustrasi YouTube

YouTube mengeluarkan kebijakan baru terkait larangan iklan politik hingga alkohol di bagian teratas laman utama.

YouTube telah mengirimkan surat elektronik kepada pengiklan, menindaklanjuti kebijakan tahun lalu untuk menghentikan iklan penuh di bagian teratas laman utama (masthead).

YouTube mengganti slot iklan di bagian tersebut untuk format yang lebih bertarget. Iklan yang dilarang di laman utama tersebut ialah politik, pemilihan umum, alkohol, judi, dan obat yang memerlukan resep.

"Secara berkala kami meninjau persyaratan iklan untuk memastikan keseimbangan kebutuhan baik untuk pengiklan maupun pengguna," kata juru bicara Google dalam keterangan tertulis seperti dilansir Reuters.

"Kami yakin pembaruan ini berdasarkan apa yang kami bangun tahun lalu untuk proses reservasi laman teratas tersebut dan akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna."

Google menghentikan iklan politik ketika Pemilu Presiden Amerika Serikat dan menjelang pelantikan Presiden Joe Biden awal tahun ini.

Google mendasari larangan tersebut dengan kebijakan mereka untuk acara yang dianggap sensitif.

Tanpa Diganggu Iklan

Iklan YouTube yang sering tampil sangat menganggung kenyamanan Anda dalam menonton konten-konten video di YouTube.

Untungnya, ada beberapa cara yang memungkinkan Anda menonton video-video di YouTube, tanpa gangguan iklan yang kerap tayang.

Meskipun Anda bisa menekan opsi ‘Lewati’ ketika muncul iklan di YouTube, tapi rasanya hal itu tetap mengganggu karena harus menunggu hingga 3 detik atau sampai iklan habis untuk bisa menekan opsi tersebut.

Tapi, kini Anda tak perlu khawatir karena ada cara nonton YouTube tanpa iklan secara gratis yang bisa dicoba.

Berikut ini tips dan trik nonton YouTube bebas iklan.

Baca Juga: Ini Harga ASUS ZenFone 8 yang Resmi Meluncur di Pasar Eropa dan Taiwan

Agar bisa menonton YouTube tanpa iklan, kamu butuh aplikasi YouTube Mod yakni YouTube Vanced. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk menontaktifkan iklan saat nonton YouTube, caranya:

1. Download Vanced manager resmi melalui link: https://vancedapp.com/.

2. Buka aplikasi lalu pilih 'Youtube Vanced'.

3. Pilih panah biru non-root untuk para pengguna umum. Tapi jika ponselmu mendukung root, maka bisa mencoba versi root.

4. Selanjutnya, install atau update Youtube Vanced. Apabila ingin sign in Google, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Vanced microG yang ada di bagian bawah.

5. Kini, kamu bisa mulai Youtube-an tanpa terganggu dengan iklan. Kamu juga menonaktifkan fitur ini saat diperlukan

6. Selain untuk menonaktifkan iklan, aplikasi ini juga berguna untuk mengubah tampilan Youtube menjadi mini player, gesture swipe ketika memilih video yang akan ditonton, resolusi tak teratas, pemilihan codec video khusus dan lainnya.