Find Us On Social Media :

Catat! Tiga Tips Membuat Konten Kreatif untuk Promosi Digital UKM

By Indah PM, Selasa, 22 Juni 2021 | 11:00 WIB

TikTok

Saat ini, digitalisasi bagi usaha kecil menengah (UKM) menjadi salah satu kunci untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional. Melalui platform digital, para pelaku usaha bisa menjangkau konsumen secara luas dengan mudah dan cepat.

Sebagai platform destinasi video singkat yang banyak diminati, TikTok mengangkat topik pemanfaatan platform digital ini untuk memberdayakan UKM melalui program #MajuBarengTikTok.

Program ini terdiri dari rangkaian kelas daring gratis yang melibatkan para ahli di bidang pemasaran dan kreasi konten untuk memberikan materi yang relevan, agar bisa dimanfaatkan para UKM dalam mengembangkan bisnis.

Program pemberdayaan ini juga didukung oleh beberapa pihak terkait, seperti pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perindustrian, serta partner dan komunitas lainnya.

Baca JUga: Enam Strategi TikTok Bantu UKM Lokal Bangkit dan Siap Go Digital

Sebagai langkah awal memulai pemasaran digital, penting bagi UKM untuk merancang konten yang kreatif, agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima oleh target konsumen dengan kesan menarik. Berikut adalah tiga tips yang disadur dari Kelas Kreatif #MajuBarengTikTok:

1. Jadikan produk sebagai jawaban untuk masalah yang dihadapi konsumen

Setiap orang pasti berusaha menemukan jawaban atas masalah yang ditemui di kesehariannya. Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan permasalahan yang biasa dihadapi konsumen tersebut, dengan menjadikan keunggulan atau manfaat produk sebagai jawabannya. Hal ini dinamakan sweet spot, yaitu pertemuan antara keunggulan produk dengan pemahaman akan konsumen.

Untuk dapat menggali lebih banyak insights, pelaku bisnis bisa memosisikan diri sebagai konsumen, dengan memperhatikan perilaku konsumen, seperti kapan mereka menggunakan produk, di mana mereka biasa mendapatkannya, hingga nilai yang mereka cari dari produk tersebut.

Sebagai contoh, produk spons pembersih menjawab permasalahan panci kotor yang sering dialami ibu rumah tangga dengan memberikan penjelasan dan tutorial langsung, sekaligus arahan untuk mendapatkan produk tersebut di e-commerce.

2. Buat konten kreatif dengan memberikan kejutan di akhir

Setelah mendapat berbagai ide untuk menjawab permasalahan target konsumen, kemas jawaban tersebut menjadi suatu konten kreatif. Salah satu caranya adalah memberikan surprise atau kejutan menarik di akhir video. Contohnya dengan mengawali video seperti kegiatan jalan-jalan di pusat perbelanjaan biasa, yang ternyata diakhiri dengan promosi suatu gerai baru yang disampaikan dengan cara dramatis. Cara kreatif yang memberikan kejutan seperti ini bisa meninggalkan kesan pada konsumen, sekaligus membangkitkan keinginan untuk ikut mencoba datang ke gerai tersebut.

3. Manfaatkan creative tools gratis untuk menyempurnakan ide kreatif