Find Us On Social Media :

Di START 2021, Tokopedia Bakal Ungkap Rahasia Dapur Teknologinya

By Rafki Fachrizal, Kamis, 24 Juni 2021 | 12:50 WIB

William Tanuwijaya (Co-founder dan CEO Tokopedia) saat presentasi di konferensi Tokopedia START Summit 2020 yang berlangsung di The Kasablanka Hall, Jakarta.

Tahun ini, Tokopedia akan kembali menggelar konferensi teknologi terbesarnya “START Summit 2021” pada awal bulan Juli mendatang.

Menjadi tahun kedua gelarannya, konferensi teknologi ini akan berlangsung secara virtual. Hal ini mengingat situasi pandemi masih melanda di tanah air, sehingga gelaran secara offline atau tatap muka masih sulit diadakan.

START Summit sendiri merupakan salah satu bagian dari program Tokopedia Academy. “Start merupakan suatu bentuk sumbangsih dari Tokopedia dengan harapan bisa mendorong pengembangan talenta di Indonesia,” kata Siti Fauziah, Tokopedia Academy Lead, dalam group interview yang digelar Rabu (23/06/21).

Di START Summit, para pesertanya akan diberikan wawasan mengenai berbagai inovasi teknologi yang telah dilakukan Tokopedia dalam perjalanannya mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Konferensi virtual START Summit 2021 mengangkat tema “Transforming Indonesia Through Technology Together”.

Adapun tiga topik utama yang akan dibahas yakni Core Engineering, Infrastructure & Productivity, dan Data.

Di topik Core Engineering, topik ini akan membahas seputar programming, product development, monitoring, dan managing complex integrated promo.

Kemudian di topik Infrastructure & Productivity, peserta memiliki kesempatan untuk menambah wawasan seputar sistem MultiCloud, serta bagaimana Tokopedia mengoptimalkan DevOps untuk memastikan setiap sistem dapat berjalan dengan baik guna mendukung setiap inovasi di dalam ekosistem Tokopedia.

Untuk di topik Data, peserta bisa mengetahui cara bagaimana Tokopedia menciptakan sistem otomasi dengan menggunakan data science dan machine learning serta bagaimana Tokopedia menggunakan data dalam setiap mengambil keputusan.

Pembicara yang hadir di konferensi ini ada lebih dari 30 pembicara yang di antaranya Johnny G Plate, Menkominfo; Nadiem Makarim, Menristek; Leontinus A. Edison, Co-founder & Vice Chairman Tokopedia ; Herman Widjaja Senior Vice President of Engineering Tokopedia; dan pembicara lainnya dari Tokopedia.

Aswin T. Utomo, Vice President of Engineering & Chief of Staff Technology Tokopedia mengungkapkan “Kita ingin konferensi ini memberikan feedback ke masyarakat Indonesia. Kita merasa ada responsibility sebagai perusahaan teknologi untuk memberikan kontribusi lebih ke Indonesia. Di konferensi ini, kita ingin satu hari penuh kasih rahasia dapur teknologi Tokopedia, dan yang paling penting know how dan use case-nya,”

Sebelumnya di START Summit 2020, berhasil mencatatkan peserta yang hadir sebanyak 2.000 orang dan 51.000 penonton melalui siaran langsung di platform Tokopedia Play.

Sedangkan untuk START Summit 2021 ini, Tokopedia menargetkan lebih dari 5.200 penonton melalui siaran langsung YouTube, dan 70.000 penonton melalui platform Tokopedia Play.