Find Us On Social Media :

Inilah Fitur Baru Windows 11, termasuk bisa Install Aplikasi Android

By Wisnu Nugroho, Kamis, 24 Juni 2021 | 23:11 WIB

Inilah fitur baru dari Windows 11

Akhirnya, Microsoft resmi merilis Windows 11. Malam (24/6) ini, sistem operasi baru ini hadir untuk menggantikan Windows 10 yang telah berumur 6 tahun. Setiap komputer yang telah memiliki Windows 10, Windows 8, dan Windows 7 dapat segera melakukan update ke Windows 11 ini.

Anda tertarik update ke Windows 11? Berikut adalah beberapa perubahan penting dan baru di Windows 11.

Tampilan yang lebih segar

Tampilan yang lebih segar terlihat dari jendela Widget yang semi transparan

Perubahannya mungkin tidak terlalu terasa, namun Windows 11 tampil dengan terlihat lebih segar. Perubahan terjadi pada sudut jendela yang kini melengkung (rounded corner); tidak persegi seperti Windows sebelumnya. 

Microsoft juga mengklaim, mereka memperhatikan pencahayaan yang natural, termasuk pada jendela semi transparan (translucent layer) yang muncul pada Widget. Anda juga dapat mengubah tampilan Windows menjadi dark mode, dengan tetap menonjolkan icon dan menu.

Tombol Start pindah ke tengah

Tombol Windows kini ada di tengah, yang salah satunya mungkin untuk mengakomodir penggunaan layar berukuran besar

Perubahan paling terasa mungkin di tombol Start. Posisinya kini di tengah, tidak lagi di sisi kiri seperti selama ini (namun ada opsi untuk “mengembalikan” ke kiri jika mau). 

Saat tombol Start ini diklik, Anda juga tidak lagi menemukan Live Tile seperti di Windows 10. Sebagai gantinya, akan muncul kumpulan aplikasi dan dokumen terakhir yang Anda buka. Anda juga bisa memasang (pin) aplikasi dan file favorit di tombol menu tersebut.

Snap Layout

Anda bisa memilih beragam pilihan untuk menampilkan 2-4 jendela secara bersamaan di layar