Find Us On Social Media :

Inilah Lima Tips Jualan Online di Platform Tokopedia untuk Pemula

By Rafki Fachrizal, Senin, 28 Juni 2021 | 13:15 WIB

Ilustrasi Jualan Online

Platform marketplace atau e-commerce kini semakin banyak dimanfaatkan masyarakat untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya secara online dengan mudah dan cepat.

Salah satu platform marketplace yang banyak digunakan masyarakat untuk berbisnis yakni Tokopedia. “Tokopedia kini telah menjadi rumah bagi lebih dari 11 juta penjual dan hampir 100% UMKM,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Lebih lanjut, Tokopedia pun membagikan lima tips berjualan online bagi pemula. Apa saja itu?

1. Ikut Kelas Bisnis Online Gratis

Penjual bisa mengikuti pendampingan bisnis dalam bentuk kelas online/webinar gratis, salah satunya lewat Sekolah Kilat Seller.

“Di sini, para mentor dari Tokopedia dan sesama pegiat usaha bisa saling berbagi kiat sukses jualan online,” jelas Ekhel.

Tema yang dihadirkan beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

2. Pembeli Hanya Butuh 50 Detik untuk Pilih Produk, Terapkan Rumus Ini

“Rata-rata pembeli hanya butuh 50 detik untuk memilih produk yang ingin dilihat lebih lanjut, maka penjual perlu menampilkan foto dan deskripsi produk yang tepat dan menarik,” papar Ekhel. 

Untuk foto, pastikan cahaya cukup dan gunakan background putih untuk menonjolkan kelebihan produk.

Selain itu, penjual bisa menggunakan rumus penamaan produk sebagai berikut: jenis produk + merek + keterangan (model/pola, tipe, atau warna), serta hindari penggunaan karakter atau simbol sulit, untuk memudahkan pembeli menemukan produk.

Penjual juga dapat menggunakan fitur Wawasan Pasar untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.

3. Manfaatkan Fitur, Jangkau Lebih Banyak Pembeli