Find Us On Social Media :

Zalora Rilis Z-Live, Fitur Live Stream untuk Fashion, Beauty, dan Lifestyle

By Rafki Fachrizal, Senin, 28 Juni 2021 | 16:30 WIB

Ilustrasi Fitur Z-Live

Fitur live streaming atau siaran langsung di platform e-commerce kini telah berkembang pesat dan diprediksi memiliki nilai USD$19 miliar di Asia Tenggara pada tahun 2023.

Hal ini tentu dilandaskan dengan konektivitas yang lebih kuat, peningkatan pendapatan, hingga perkembangan layanan iklan, dan konten yang semakin beragam dari industri ini.

Menurut penelitian terbaru, konsumsi konten online harian di seluruh dunia telah meningkat sejak awal pandemi COVID-19, dimana tercatat adanya rata-rata dua kali lipat peningkatan, dari 3 jam 17 menit sampai 6 jam 59 menit.

Secara global, salah satu yang paling populer adalah tontonan dari kategori fashion dan beauty. Konten-konten ini menarik perhatian pelanggan dengan cara yang interaktif dan berperan penting pada industri retail e-commerce.

Melihat potensi dari fitur live stream, baru-baru ini platform Zalora resmi meluncurkan fitur live stream bernama Z-Live.

Diluncurkan bersamaan dengan perayaan kampanye ZALORA Big Fashion Sale, fitur ini hadir untuk memudahkan pelanggan berbelanja sembari menonton berbagai episode yang ditayangkan.

Z-Live merupakan bagian dari perjalanan atau pengalaman belanja pelanggan ZALORA, dengan membuka komunikasi dua arah antara pelanggan dan brand.

Dengan menghadirkan fitur interaksi real time ini, mitra brand ZALORA kini memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan kapan saja dan di manapun mereka berada.

ZALORA Group CEO, Gunjang Soni mengatakan, “Peluncuran fitur live stream merupakan bagian dari rencana strategis kami yang lebih kuat guna menyatukan aspek konten, sosial, dan perdagangan secara bersamaan untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih menarik dan inspiratif di dunia fashion dan lifestyle.

Lebih dari transaksi komersial, melalui Z-Live, dijelaskan Soni bahwa Zalora ingin menyediakan konten yang relevan bagi kebutuhan para pelanggan.

Siaran langsung juga menurutnya dapat meningkatkan hubungan emosional yang kuat terhadap belanja online, di mana dapat menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan offline seperti ketika menunjukkan sebuah produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan interaksi lainnya.

“Kami fokus dalam menghadirkan konten yang telah di kurasi kualitasnya, dan telah dikembangkan oleh tim ZALORA bersamaan dengan brand favorit pelanggan Asia Tenggara. Selain konten siaran langsung, pelanggan juga dapat mencari konten lain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Z-Live,” tambah Soni.

Kolaborasi dengan Teknologi BeLive