Find Us On Social Media :

Jungle Ventures Pimpin Pendanaan Seri B Rp323 Miliar ke CityMall

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 Juni 2021 | 12:30 WIB

Ilustrasi Startup

Startup social e-commerce asal India CityMall, mengumumkan telah memperoleh pendanaan Seri B senilai Rp323 miliar (sekitar US$22,5 juta) yang dipimpin oleh Jungle Ventures dan General Catalyst.

Pendanaan tersebut juga didukung investor pendahulu CityMall seperti ACCEL, Elevation Capital, dan WaterBridge Ventures.

Pendanaan Seri B ini membuat total pendanaan yang dikumpulkan oleh CityMall menjadi Rp528 miliar sejak pendanaan Seri A mereka.

Dengan dana segar tersebut, CityMall akan menggunakannya untuk merekrut SDM, pengembangan teknologi, dan membangun jaringan logistik mereka sendiri, termasuk gudang dan hub.

Selain itu, perusahaan juga akan memperkuat kehadirannya di 40 kota yang ada di jaringannya dan bertujuan untuk memperluas jangkauannya ke 100 kota baru dalam beberapa bulan mendatang.

Mengomentari soal pendanaan ini, Amit Anand selaku Co-founder Jungle Ventures mengungkapkan “Social atau Community Commerce adalah peluang internet bernilai miliaran dolar berikutnya di India. Perusahaan seperti Citymall memiliki potensi untuk tumbuh lebih viral dan menguntungkan melampaui model e-commerce.”

“Jungle Ventures senang bergabung dalam perjalanan ini bersama tim dan membantu membangun perusahaan yang tahan lama,” tambahnya.

Didirikan oleh Angad Kikla dan Naisheel Verdhan pada tahun 2019, CityMall adalah platform e-commerce berbasis komunitas pertama di India yang ditargetkan untuk konsumen di kota tier 2, 3, dan 4 di India.

CityMall memberikan peluang pendapatan bagi jaringan pengusaha mikro yang disebut pemimpin komunitas.

Para pemimpin ini memainkan peran penting dalam menyediakan akses ke produk dan layanan yang terjangkau untuk konsumen internet yang tinggal di kota kecil dan desa.

Angad Kikla selaku Co-founder CityMall mengatakan “Internet telah mengubah kehidupan konsumen yang tinggal di kota-kota metro besar. Namun, bagi pengguna berpenghasilan rendah hingga menengah di kota kecil, penggunaan internet terbatas pada konten dan sosial.”

“Kami membangun CityMall dengan visi untuk mengubah pengalaman mereka dengan internet - dengan memberi mereka akses peluang untuk mendapatkan penghasilan serta produk dan layanan yang terjangkau. CityMall memelopori saluran distribusi e-commerce unik yang dipimpin komunitas dan ditargetkan untuk pengguna India,” tambah Kikla.

Sementara itu, Naisheel Verdhan selaku Co-founder CityMall menyatakan, “Visi kami adalah membangun ekosistem e-commerce terdesentralisasi untuk 200-300 juta pengguna Internet berikutnya yang tinggal di kota kecil dan desa. Saat aplikasi kami menggambarkan perjalanan para pemimpin komunitas dan memberikan mereka teknologi dan analitik konsumen untuk menjalankan dan mengembangkan toko digital virtual mereka, aplikasi pelanggan kami menawarkan pengalaman pembelian yang sangat sederhana dan terpersonalisasi untuk konsumen."