Find Us On Social Media :

Apa saja Manfaat dan Penggunaan Drone Populer pada Masa kini?

By Adam Rizal, Sabtu, 3 Juli 2021 | 15:00 WIB

Drone Lidar milik Terra Drone Indonesia.

Saat ini pengunaan drone atau pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) telah menembus berbagai sektor kehidupan.

Drone adalah pesawat tanpa awak yang bisa terbang dengan dikendalikan dari jarak jauh pakai remote control atau komputer canggih.

Drone biasa mempunyai berbagai macam jenis ukuran, bentuk, dan fungsi. Bahan materialnya drone terbuat dari bahan yang ringan, sehingga bisa terbang dengan cepat dan terbang pada ketinggian yang rendah maupun ketinggian tertentu. Drone sendiri memiliki kamera, infra merah, GPS, sensor, dan alat pendukung lainnya.

Saat ini banyak pengguna menerbangkan drone untuk urusan hobi hingga militer. Apa saja manfaat dan penggunaan drone?, berikut ulasannya:

1. Fotografi dan Videografi

Ilustrasi menerbangkan drone.

Para penghobi fotografi dan videografi profesional biasanya memiliki pesawat tanpa awak yang berukuran kecil dan ringan untuk memotret dan merekam objek dari ketinggian.

2. Bencana alam

Bencana alam bisa membuat akses antar bantuan ke lokasi bencana terputus. Kecanggihan drone pun dimanfaatkan ketika bencana tiba seperti melacak korban, mengumpulkan dan mengirimkan sampel medis, persediaan dan obat-obatan ke daerah terpencil dan tidak terjangkau. Selain itu, drone juga bisa menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi manusia dan membantu dalam skenario pencarian dan penyelamatan.

3. Tambang, gas dan minyak bumi

Drone dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi geologi dengan bantuan sensor elektromagnetik. Kehadiran drone dapat membantu ahli geofisika mengidentifikasi dan memperkirakan lokasi serta keberadaan mineral, minyak dan gas alam.

4. Konstruksi dan real estate