Find Us On Social Media :

Tantang TikTok, Kini YouTube Shorts Hadir di 100 Negara

By Adam Rizal, Rabu, 14 Juli 2021 | 11:30 WIB

YouTube Shorts

YouTube melihat popularitas TikTok menjadi ancaman serius pada platformnya. Karena itu, YouTube memperluas jangkauan Shorts di 100 negara termasuk Indonesia. Kini Shorts tersedia dalam menu bar yang ada di bawah aplikasi. Ikon Shorts diletakkan di samping Beranda yang juga menggantikan Explore.

"Memperkenalkan lebih banyak fitur saat kami terus membuat Shorts bersama kreator konten dan artis," kata YouTube, dikutip dari Music Business Worldwide.

Aplikasi akan menampilkan sebuah video vertikal yang mirip dengan tampilan TikTok. Pengguna juga bisa melihat opsi seperti like, dislike, komentar, dan share di bagian kanan. Ada pula opsi titik tiga di atas ikon like untuk menampilkan deskripsi, subtitle, laporkan, hingga kirim masukan. Jika opsi deskripsi diklik, aplikasi akan menampilkan sebuah kolom pop up yang berisi deskripsi video layaknya seperti konten YouTube biasa.

Cara kerjanya, mirip dengan TikTok dan Instagram Reels, pengguna hanya perlu menggulir ke atas untuk melihat video selanjutnya.

Sayangnya aplikasi Shorts di Indonesia tidak menghadirkan opsi untuk membuat konten seperti TikTok dan Reels. Jadi, pengguna hanya bisa melihat video yang disajikan aplikasi. Shorts bisa didapatkan dalam YouTube Android versi 16.26.36. Jika pengguna belum mendapatkannya, pastikan aplikasi sudah diperbarui di Google Play Store.

Anggaran Jumbo

YouTube mengumumkan telah menyiapkan anggaran sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun untuk Shorts, platform video singkat mirip TikTok.

"Dana ini hanyalah langkah pertama dalam perjalanan kami untuk membangun model monetisasi jangka panjang untuk Shorts di YouTube," tulis YouTube dalam sebuah postingan blog, seperti dilansir dari CNBC.

YouTube akan mulai mendistribusikan dana tersebut untuk para kreator mulai bulan depan dan akan berlangsung sampai 2022 mendatang.

Melalui blog tersebut, YouTube juga mengungkapkan, dana tersebut sebagai upaya untuk membangun basis pengguna dan kreator di Shorts, demi menandingi TikTok, Snap, dan Reels dari Instagram.

YouTube meluncurkan Shorts untuk pengguna di AS pada awal Mei ini, setelah meluncurkan versi betanya pada awal 2021.

Google sebagai perusahaan induk YouTube, mengumumkan bahwa Shorts sudah berhasil menghasilkan pendapatan sebesar US$6,5 miliar pemutaran setiap hari secara global.

Bagi kreator yang ingin mendapatkan uang dari YouTube Shorts, dapat menciptakan konten yang unik dan digemari oleh komunitas pengguna YouTube.

Namun demikian, juru bicara YouTube enggan mengungkapkan secara detail berapa banyak uang yang dapat diperoleh kreator. YouTube juga menolak menjabarkan metrik yang akan menentukan siapa yang dibayar, dan mengatakan bahwa perusahaan akan merilis lebih banyak informasi dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, YouTube mengatakan bahwa kreator yang memenuhi syarat tidak harus menjadi bagian dari program mitranya, yaitu program yang sudah ada yang memungkinkan kreator memonetisasi video YouTube mereka.

YouTube mengatakan akan menjangkau ribuan kreator setiap bulannya dan akan meminta mereka untuk berbagi masukan tentang performa Shorts.