Find Us On Social Media :

Solusi Zilingo Factory Bantu Pabrik Garmen Terapkan Manufaktur Digital

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 Juli 2021 | 13:30 WIB

Ilustrasi Pabrik Garmen

Pelaku bisnis di Indonesia telah mentransformasikan operasional mereka selama beberapa tahun ke belakang melalui Industri 4.0.

Namun, kini peranan Industri 4.0 menjadi semakin krusial akibat krisis COVID-19 yang melanda dunia.

Pandemi telah menyoroti perbaikan yang diperlukan untuk rantai pasok Indonesia, menguji ketahanan proses manufaktur hingga menekankan pentingnya digitalisasi untuk industri.

Berdasarkan sebuah survei McKinsey, 94 persen dari responden mengatakan bahwa Industri 4.0 telah membantu mereka untuk menjaga operasional tetap berjalan selama krisis, dan 56 persen mengaku bahwa teknologi telah menjadi hal yang penting dalam manajemen krisis mereka.

Manufaktur yang memanfaatkan solusi digital dinilai dapat lebih mampu mengatasi badai krisis, dan berjalan lebih cepat serta lebih jauh dibandingkan kompetitornya selama pandemi.

Melina Marpaung, Senior Executive, Zilingo Indonesia mengatakan, “Pandemi global telah mendisrupsi proses produksi operasional dan cara kerja pada umumnya. Dengan mengandalkan sistem digital sebagai cara kerja utama, pabrik pintar tidak hanya dapat bantu melalui disrupsi yang akan datang, namun juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas saat ini.”

Melalui solusi Zilingo Factory, dijelaskan Melina, Zilingo siap untuk mendukung manufaktur Indonesia dalam mengimplementasikan sistem manufaktur digital.

“Lewat solusi ini, manufaktur juga dapat mengontrol kualitas dan melacak produksi secara digital dengan aplikasi sederhana serta memiliki analisis mendalam untuk manajemen,” tambahnya. 

Zilingo Factory merupakan solusi end-to-end untuk manufaktur pakaian dengan program yang dapat dipersonalisasi untuk tiap departemen.

Melalui Manufacturing Execution System (MES), manufaktur Indonesia dapat mengakses style tertentu atau pesanan pembelian serta menganalisa status produksi secara langsung; melacak defect dan meningkatkan efisiensi dengan mengidentifikasi sumber defect menggunakan fitur Live Heatmaps; melacak WIP secara real-time dan menjaga kelancaran dari arus material antar departemen.

Selain itu, juga bantu melacak pesanan di semua lini produksi pabrik, mulai dari pemotongan bahan hingga pengemasan serta secara proaktif merencanakan, memprediksi, dan menyelesaikan hambatan dalam penyelesaian pesanan.

Saat ini platform Zilingo Factory memiliki empat komponen utama yang tersedia untuk membuat pabrik-pabrik pintar di Indonesia, yaitu:

1. Admin Pabrik: