Find Us On Social Media :

Ini Solusi & Inovasi Grab untuk Penuhi Kebutuhan Pelanggan Selama PPKM

By Liana Threestayanti, Rabu, 14 Juli 2021 | 21:00 WIB

Ilustrasi solusi Grab di masa PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Di tengah PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali, Grab menawarkan sejumlah inovasi dan solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari pelanggan.

Sejak tanggal 3 Juli lalu, Pemerintah memberlakukan PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Kebijakan yang rencananya akan berlangsung sampai tanggal 20 Juli ini mengharuskan sebagian besar masyarakat menyesuaikan kegiatannya, terutama kegiatan di luar rumah demi mencegah meluasnya penyebaran virus COVID-19.

Memahami kebutuhan pelanggan saat PPKM Darurat, Grab menawarkan sejumlah solusi dan inovasi yang dapat membantu para pekerja sektor esensial yang harus tetap ke kantor maupun mereka yang bekerja di rumah. Dengan inovasi dan solusi ini, Grab memastikan bahwa pelanggan bisa tetap berkegiatan seperti biasa serta memenuhi kebutuhan harian dengan perlindungan tambahan sehingga roda perekonomian Indonesia bisa terus berputar. 

Penuhi Kebutuhan Transportasi, Pengantaran

Untuk membantu para pekerja sektor esensial yang harus tetap bekerja di kantor, Grab menghadirkan layanan GrabProtect, protokol kesehatan dan keselamatan untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19 selama perjalanan. Armada GrabProtect dilengkapi dengan sekat plastik, baik untuk layanan GrabCar maupun GrabBike se-Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Bali. Untuk menjamin ketenangan pelanggan, Grab memastikan 100% mitra pengemudi GrabProtect sudah divaksinasi.

Untuk perlindungan ekstra, lebih dari seratus ribu mitra pengemudi dan pengantaran Grab juga sudah divaksin. Pelanggan bisa mengetahui status vaksinasi mereka di layar aplikasi setelah mendapatkan mitra pengemudi. Menurut Grab, pihaknya juga terus melakukan edukasi terhadap protokol kesehatan dan kebersihan, memastikan mitra pengemudi untuk menggunakan masker ganda dan melakukan desinfeksi kendaraan mereka secara berkala di GrabProtect Station yang sudah hadir di lebih dari 60 lokasi di Indonesia.

Grab juga telah memperkenalkan teknologi Geofencing yang dapat mendeteksi dan memberikan peringatan kepada mitra pengemudi Grab yang berkerumun di sebuah area melalui pesan teks atau pop-up di aplikasi mitra pengemudi Grab. Inisiatif dihadirkan guna memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi mitra pengemudi dan pelanggan Grab.

Penuhi Kebutuhan Harian, Makanan, Layanan Kesehatan, dan Bersih-bersih

Untuk membantu pelanggan memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk pembelian makanan siap saji, Grab memperkuat layanan GrabFood dan GrabExpress dengan kolaborasi bersama mitra merchant dan juga online seller di seluruh Indonesia. Pelanggan juga tetap bisa memberikan rasa perhatian kepada keluarga, teman, maupun pasangan dengan mengirimkan barang atau makanan. Grab menerapkan pengantaran tanpa kontak guna memberikan rasa aman. 

Grab juga menyediakan GrabMart untuk membantu pelanggan berbelanja kebutuhan dari berbagai toko yang tersedia. Sementara GrabAssistant siap cari dan antar barang apapun yang diperlukan di luar toko-toko yang terdaftar di platform Grab.

Untuk layanan kesehatan atau membutuhkan obat-obatan, pelanggan dapat mengakses layanan GrabHealth dari rumah. Selain membeli obat-obatan dan vitamin, pelanggan juga dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional di seluruh Indonesia melalui layanan telemedicine di GrabHealth. Selain itu, Grab juga telah memperkenalkan layanan Clean & Fix bagi pelanggan yang membutuhkan jasa rumah, seperti tukang reparasi alat, pembersih hingga pemeliharaan AC 

Grab juga meluncurkan paket berlangganan spesial khusus ‘PPKM’ untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para pelanggannya dengan sejumlah layanan di aplikasi Grab dari 7 hingga 20 Juli 2021. Pelanggan Grab dapat memiliki paket berlangganan PPKM ini hanya dengan membayar Rp 1.000 dan mendapatkan paket senilai total Rp 408.000 berisi voucher GrabFood, GrabExpress, hingga Grab Assistant tanpa minimal pemesanan dan jarak pengantaran. Paket ini berlaku di Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bali, Semarang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Malang, Pontianak, dan Manado.