Find Us On Social Media :

Nih! Enam Alasan HP Anda Langsung Lemot Saat Buka Aplikasi

By Adam Rizal, Jumat, 16 Juli 2021 | 07:10 WIB

WiFi lemot? Berikut cara mendeteksi penyebabnya

Sudah jadi rahasia umum jika smartphone sering mengalami lemot ketika membuka sebuah aplikasi. Disaat kondisi genting kamu pasti merasa emosi karena aplikasi tak kunjung juga bisa dibuka. 

Banyak yang salah mengira bahwa ponsel lemot ini disebabkan kerusakan tertentu pada hardware. Maka kamu langsung buru-buru pergi ke tempat service tanpa mengecat ulang penyebabnya. Padahal mungkin saja masalah ini bisa kamu atasi sendiri. 

Supaya bisa mengatasinya kamu bisa cek terlebih dahulu apa saja alasan ponsel lemot saat buka aplikasi, seperti yang dikutip dari situs teknologi KubikTekno.com.

Penyebab Ponsel Lemot Ketika Membuka Aplikasi

Ponsel menjadi lemot tak selamanya disebabkan kondisi ponsel yang sudah tua atau kuota yang menipis. Karena lambanynya sistem bekerja juga bisa disebagkan cara pakai smartphone yang salah. 

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu menggunakan ponsel dengan benar? Kapan kamu terakhir mengecek kondisi ponsel? Jika kamu tidak pernah melakukannya sangat wajar jika ponsel mengalami penurunan kinerja. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa ponsel kamu bekerja dengan sangat lambat ketika hendak membuka satu aplikasi saja. 

1. Memori Internal dan Eksternal yang Penuh

Alasan pertama paling sering terjadi karena memori smartphone sudah terlalu penuh. Setiap smartphone memiliki ruang penyimpanan dengan ukuran berbeda-beda. Untungnya saja kini sebagian besar smartphone memiliki memori yang cukup lega. 

Namun bagi kamu yang hobi mengunduh aplikasi seperti game atau lainnya memori yang lega pun tetap bisa menjadi penuh. Sebuah kesalahan jika kamu tidak pernah menengok kembali kapasitas ruang sebelum mengunduh aplikasi. Apalagi jika banyak yang tidak digunakan. 

2. Aplikasi yang Digunakan Tidak Resmi

Apakah kamu sering mengunduh aplikasi diluar Play Store atau App Store? Kamu harus hati-hati dengan pengunduhan aplikasi yang tidak jelas asal usulnya. Karena baik Play Store dan App Store sudah menyeleksi aplikasi yang bisa digunakan tetap aman.