Find Us On Social Media :

Inilah Lima Tim Pemenang Kompetisi PermataYouthPreneur 2021

By Rafki Fachrizal, Jumat, 16 Juli 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi PermataYouthPreneur 2021

PermataBank melalui PermataHati CSR untuk keempat kalinya kembali menyelenggarakan program pelatihan digitalpreneur “PermataYouthPreneur (PYP) 2021”.

Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, seluruh kegiatan PYP 2021 dilakukan secara online di mana tahun ini mengusung tema “Membantu Pertumbuhan UMKM Melalui Teknologi Finansial (Fintech)”.

Program ini diselenggarakan sejak 2 Juni 2021 dengan memanfaatkan platform online seperti webinar, video conference, serta modul e-learning untuk penyampaian materi dan mentoring peserta.

Tahun ini terdapat 157 tim yang mendaftar dari 25 provinsi, dari Sabang sampai Merauke, 59 tim di antaranya berasal dari luar pulau Jawa. Pencapaian ini merupakan peningkatan sebesar 221% bagi pendaftar di luar pulau Jawa dari tahun sebelumnya.

Pada Kamis (15/7/21), PermataBank mengumumkan 5 tim pemenang dari 10 tim yang berhasil masuk ke Grand Final PYP 2021. Kelima pemenang berhak atas hadiah total senilai Rp40.000.000, serta kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Bootcamp IT dari Arkademy.

Dhien Tjahajani, Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank mengatakan “Dengan terselenggaranya PYP 2021 untuk keempat kalinya, kami berharap pengetahuan kewirausahaan yang didapat dari pelatihan digital entrepreneurship ini akan menjadi modal kuat kepada peserta dalam menjalankan usaha.”

“Semoga PYP berhasil menciptakan generasi muda yang memiliki mental dan semangat kreatif, berdaya, dan berkarya,” tambah Dhien.

Sementara itu, Primandanu Febriyan Aziz, Kepala Bagian Edukasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan “Seperti yang kita ketahui bahwa entrepreneurship merupakan penggerak ekonomi negara. OJK mendukung inisiatif berbagai lembaga yang memiliki program pengembangan entrepreneur generasi muda, terutama entrepreneur di bidang digital. Kita tahu bahwa dunia usaha digital memiliki potensi besar.”

“Dengan diselenggarakannya PYP 2021, inisiatif dari PermataBank, kami berharap generasi milenial semakin tertantang untuk menciptakan inovasi, terlebih menyikapi industri 4.0. Dan ini harus selalu kita dorong bersama-sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional kedepannya,” tambahnya.

Melalui PYP 2021 ini, PermataBank terus memperluas akses pelatihan wirausaha, fintech, dan literasi keuangan kepada generasi muda Indonesia.

Selama bulan Juni - Juli 2021, para finalis PYP 2021 telah mengikuti mentoring online mingguan bersama expert serta pelatihan dalam bentuk modul dan mentoring online, antara lain; Business Validation, Product Validation, Software Development, Financial Literacy, hingga soft skills dalam bentuk Presentation dan Pitching Skill.

Pengembangan UMKM & wirausaha digital membutuhkan kolaborasi berbagai pihak yaitu pemerintah, lembaga pendidikan, sektor swasta dan industri.

Sejak tahun 2017, PYP mengajak seluruh generasi muda dari Sabang sampai Merauke untuk mengasah kemampuan mereka dalam hal coding, penyusunan rencana program, hingga penyampaian presentasi produk FinTech mereka.