Find Us On Social Media :

Fitur-fitur Keamanan Aplikasi Telegram ini Jamin Data Anda Aman

By Adam Rizal, Sabtu, 17 Juli 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Aplikasi pesan Telegram menjagokan Platform nya yang aman menjaga kerahasiaan data pengguna nya. Bagaimana tidak, aplikasi populer WhatsApp saja sudah berkali-kali data pengguna nya bocor walaupun WhatsApp sudah memiliki fitur enkripsi end-to-end.

Bagi Anda yang menginginkan aplikasi pesan yang Aman, Telegram bisa menjadi pilihannya. Selain aman, Telegram juga gratis, bebas iklan dan dapat menampung lebih banyak anggota grup (200.000 anggota) serta memiliki fitur Channel. Telegram juga memiliki fitur-fitur keamanan canggih yang dapat membantu Anda menjaga data-data.

Berikut 5 fitur keamanan Telegram yang wajib Anda ketahui:

1. Fitur Lock Chat

Telegram memiliki fitur Lock Chat yang membuat aplikasi Anda terhindar dari teman yang kepo. Caranya, kamu cukup klik tombol Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID – Selesai!

Pesanmu akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau kamu bisa klik ikon lock chat pada bagian atas aplikasi Telegrammu untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

2. Fitur Secret Chat

Telegram juga memiliki fitur Secret Chat yang memungkinkan Anda mengirimkan pesan rahasia dengan siapapun yang kamu inginkan. Fitur secret chat itu bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak ada pihak ketiga, yang bisa melihat pesan kamu.

Caranya, Anda cukup klik kontak orang yang ingin kamu kirim pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon more.

3. Fitur Two-Step Verification

Fitur ini mengharuskan Anda memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama. Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika Anda memasang akun Telegram di perangkat yang baru.

Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun aplikasi kamu dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.