Find Us On Social Media :

Biznet, Telkomsel Persembahkan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

By Liana Threestayanti, Minggu, 18 Juli 2021 | 14:00 WIB

Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet.

Biznet dan Telkomsel dinobatkan sebagai provider internet tercepat di Indonesia sepanjang kuartal dua 2021 ini berdasarkan Speedtest Intelligence.

Meraih Speed Score sebesar 40,66, Biznet menjadi penyedia internet fixed broadband tercepat versi Speedtest Intelligence. Di posisi kedua ada MyRepublic dengan skor kecepatan 35,63.

Selain itu Biznet juga dinilai paling konsisten dalam memberikan kualitas layanan, karena  meraih Consistency Score tertinggi, yaitu 66,6%, dengan kecepatan download minimum 25 Mbps dan kecepatan upload minimum 3 Mbps. MyRepublic membuntuti di peringkat kedua dengan skor 63,5%.

Namun untuk urusan latensi, Telkom juaranya karena memperlihatkan latensi terendah 15 milisekon, diikuti MyRepublic dengan latensi 16 milisekon.

Baca juga: Nih! Enam Alasan HP Anda Langsung Lemot Saat Buka Aplikasi

Telkomsel Tercepat untuk Koneksi Mobile

Di area internet mobile, Telkomsel menjadi penyedia koneksi internet tercepat (untuk perangkat berbasis chipset modern) sepanjang kuartal 2 tahun 2021 dengan Speed Score 28,02. Tempat kedua dan ketiga diduduki masing-masing oleh IM3 Ooredoo (26,38) dan XL (20,96).

Tidak hanya paling cepat, Telkomsel juga meraih angka tertinggi untuk Consistency Score, yaitu 84.1%, dengan kecepatan download minimum 5 Mbps dan kecepatan upload minimum 1 Mbps. Telkomsel juga menjadi provider internet mobile dengan latensi paling rendah, yaitu sebesar 30 milisekon, diikuti 3 (31 ms) dan IM3 Ooredoo (33). 

iPhone Berikan Koneksi Tercepat

Nah perangkat apakah yang berhasil mempersembahkan koneksi tercepat kepada penggunanya? Berdasarkan analisis Speedtest terhadap performa dari beberapa smartphone tercepat yang ada di Indonesia, iPhone 12 Pro Max 5G memperlihatkan kecepatan download rata-rata paling gegas pada angka 43.73 Mbps sepanjang kuartal dua 2021. Di peringkat selanjutnya secara berturut-turut ada Mi 10T Pro 5G, iPhone 11 Pro Max, Galaxy S10+, dan iPhone Xs Max.

Dari sisi chipset, berdasarkan analisis Speedtest terhadap lima chipset dengan kinerja tercepat saat ini yang digunakan di Indonesia, Snapdragon X55 5G dari Qualcomm memberikan kecepatan download rata-rata paling gegas, sebesar 43,17 Mbps. Namun Exynos 9820 dari Samsung dapat mempersembahkan latensi paling kecil yaitu sebesar 28 ms.

Baca juga: Lima Tips Ampuh Merawat iPhone Supaya Awet dan Tetap Berkualitas