Find Us On Social Media :

Ratusan Toko LG Segera Jual iPhone di Korsel Mulai Agustus Ini

By Adam Rizal, Kamis, 22 Juli 2021 | 13:30 WIB

LG

LG Electronics telah mengibarkan bendera putih dan mundur dari bisnis smartphone. Gempuran HP buatan China membuat HP LG tak berdaya. Apalagi, HP buatan China menawarkan harga yang terjangkau dengan spesifikasi gahar.

Pasokan HP LG yang tersedia di gudang pun dijual kepada karyawan nya dengan harga diskon. Lantas bagaiamana nasib ratusa  toko ritel LG yang tersebar di Korsel?

LG pun memastikan 400 toko ritel LG Best akan menjual iPhone mulai Agustus nanti. Hal itu menjadi tamparan buat Samsung yang merupakan rival terberat Apple. Langkah LG itu mendapat banyak pertentangan dari para kompetitor Samsung. LG juga menghadapi banyak perlawanan bahkan dari asosiasi distributor nasional.

Namun, LG tak bergeming dan tetap akan menjual iPhone. LG masih dalam pembicaraan dengan asosiasi distribusi mengenai keputusan penjualan iPhone dan memutuskan untuk melanjutkan penjualan iPhone di toko LG Best di Korea.

Selain iPhone, toko LG juga akan menjual produk lainnya seperti iWatch dan iPad, tapi MacBook dan PC Apple tidak termasuk, karena LG masih memproduksi perangkat model itu. Tidak ada dukungan purnajual dalam keputusan penjualan oleh LG. Jadi pembeli perangkat Apple dari toko LG Best harus mencari dukungan pelanggan di tempat lain untuk perangkat mereka seperti dikutip Gizmochina.

Kemungkinan besar LG dan Apple telah mencapai kesepakatan untuk penjualan iPhone Apple di toko LG Best di Korea. Sebelumnya Apple telah mendekati LG tentang kemungkinan menggunakan jaringan toko LG Best untuk penjualan iPhone ketika diketahui bahwa LG keluar dari pasar smartphone.

Ditekan Samsung

Rupanya, Samsung mencium niat LG yang bakal menjual iPhone. Sebagai kompetitor utama, Samsung langsung menentang rencana yang akan menjual iPhone. Samsung berdalih LG akan melanggar perjanjian yang ditandatangani oleh kedua perusahaan pada tahun 2018.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa hanya smartphone buatan LG yang dapat dijual di toko yang dikelola LG. Hanya smartphone Samsung yang dapat dijual di toko Samsung. Dokumen itu bertujuan untuk melindungi toko kecil dan menengah yang menjual perangkat lain dari dua raksasa.

LG melihat perjanjian bisnis itu tidak mengikat dan dapat dinegosiasikan ulang karena ada perubahan besar dalam bisnis LG yaitu hengkangnya LG dari bisnis smartphone. Asosiasi yang memprakarsai kesepakatan itu juga mempertanyakan langkah LG tetapi seorang pejabat setuju bahwa negosiasi ulang harus dilakukan karena keadaan saat ini.

Pastinya Samsung tidak senang dengan fakta Apple akan menjual iPhone melalui 400+ toko LG yang tersebar di seluruh Korea. Samsung khawatir langkah ini akan mengancam penjualan smartphone 5G-nya.

Saat ini, Apple berdiri sebagai vendor smartphone 5G terbesar secara global. Samsung berdiri di tempat keempat dan berkembang pesat.