Find Us On Social Media :

Masih Main Twitter? Ini Enam Tips untuk Jaga Keamanan Akun Twitter-mu

By Indah PM, Selasa, 27 Juli 2021 | 16:00 WIB

Twitter

Twitter masih menjadi tempat yang menyenangkan untuk mencari inspirasi dari konten yang beragam, berpartisipasi dalam percakapan hingga mencari hobi baru yang bermanfaat.

Namun, keseruan ini kerap membuat pengguna terlalu nyaman sehingga lengah dalam menjaga privasi dan keamanan di dunia maya.

Padahal pengalaman menggunakan Twitter akan lebih nyaman jika setiap orang tetap waspada dan menjalankan langkah-langkah dalam meningkatkan keamanan. 

Dalam usaha terkait keamanan dan privasi, Twitter juga selalu mengingatkan orang-orang untuk bertanggung jawab dalam mengelola akun Twitter masing-masing. 

Berikut ini adalah 6 tips yang dapat diikuti pengguna untuk menjaga keamanan akun Twitter:

1. Gunakan kata sandi yang unik

Pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat dengan menggunakan minimum 10 karakter yang merupakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Pakai kata sandi yang berbeda untuk tiap situs web yang Anda kunjungi.

Pertimbangkan penggunaan perangkat lunak untuk mengelola kata sandi yang dapat menyimpan semua informasi masuk Anda secara aman. Selain itu, Anda dapat memilih Perlindungan pengaturan ulang kata sandi di bagian Pengaturan Akun Anda.

2. Gunakan metode otentikasi dua faktor

Otentikasi dua faktor (2FA) merupakan lapisan tambahan untuk akun Anda dan memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Twitter Anda.

Hanya orang yang memiliki akses ke kata sandi dan nomor ponsel Anda (atau kunci keamanan) yang dapat masuk ke akun Anda.

Mulai akhir bulan Juni 2021, Anda memiliki opsi untuk menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya bentuk otentikasi dua faktor (2FA), yang merupakan cara paling efektif untuk menjaga keamanan akun Twitter.

3. Pastikan Anda masuk melalui situs Twitter resmi