Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mudah Menghilangkan Garis pada Monitor Laptop?

By Adam Rizal, Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:04 WIB

Masalah layar lebih sering terjadi pada laptop daripada di komputer desktop. Masalahnya dapat disebabkan oleh perangkat lunak laptop seperti driver yang tidak kompatibel atau tidak mutakhir serta oleh masalah perangkat keras. Masalah hardware bisa terjadi pada kondisi kabel pita atau komponen laptop lainnya seperti RAM atau VGA.

Penyebab munculnya garis-garis pada layar laptop bisa Anda perbaiki sendiri. Anda dapat mencoba menggunakan metode di bawah ini untuk menghilangkan garis pada layar laptop Anda. Anda juga bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

Namun, sebelum Anda siap mengikuti prosedurnya, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebab munculnya garis-garis di layar laptop, apakah itu karena masalah software atau masalah hardware. Jika Anda tidak memeriksanya terlebih dahulu, maka Anda bisa salah dalam memilih cara menghadapinya.

Sebelum Anda memulai tindakan untuk menghilangkan garis pada layar laptop Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak atau perangkat keras laptop. Bagaimana menemukan jawaban seperti ini? Ini cukup mudah. Anda tinggal masuk ke pengaturan BIOS laptop Anda.

Untuk masuk ke pengaturan BIOS, Anda hanya perlu me-restart laptop Anda. Kemudian saat pertama kali layar menyala, Anda harus menekan tombol khusus yang dapat membawa Anda ke pengaturan BIOS. Tampilan BIOS pada perangkat laptop umumnya terlihat pada gambar di bawah ini, namun untuk beberapa laptop ada yang sudah memiliki tampilan BIOS yang lebih modern.

Kunci khusus untuk masuk ke BIOS ini berbeda-beda untuk setiap laptop. Jadi, Anda harus tahu dulu kunci khusus untuk laptop Anda. Kenapa bisa dicek lewat BIOS? Itu karena BIOS secara teknis bukan bagian dari sistem operasi (OS) yang Anda gunakan di laptop Anda.

Karena Masalah Perangkat Lunak – Perbarui Video atau Driver Kartu Grafis

Jika Anda menemukan garis pada layar laptop Anda yang disebabkan oleh masalah perangkat lunak, kemungkinan besar penyebabnya adalah driver tampilan yang sudah usang atau tidak kompatibel (driver video atau kartu grafis). Jika itu masalahnya, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Itulah salah satu cara menghilangkan garis-garis pada layar laptop jika disebabkan oleh masalah software. Agar masalah ini tidak terulang di kemudian hari, pastikan driver tampilan laptop Anda selalu up to date. Jangan mencoba mengunduh driver untuk laptop Anda dari sumber tidak resmi.

Karena Masalah Perangkat Lunak – Penurunan Versi Driver Kartu Video

Masalah saluran pada layar laptop Anda mungkin muncul setelah Anda memperbarui driver kartu video laptop Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba mengikuti langkah-langkah ini.

Karena Masalah Perangkat Lunak – Kesalahan Resolusi Layar