Find Us On Social Media :

Daftar HP Android ini Tak Bisa Login Gmail dkk Usai 27 September

By Adam Rizal, Senin, 2 Agustus 2021 | 17:00 WIB

Android Gingerbread

Google meminta pengguna smartphone dengan sistem operasi (OS) Android lawas untuk meng-upgrade ponselnya. Google pun telah mengirimkan email peringatan ke pengguna yang masih menjalankan OS Android jadul.

Outlet media 91mobiles melaporkan Google mengumumkan bahwa HP Android versi 2.3.7 atau yang lebih lawas, tidak akan lagi didukung untuk melakukan proses login ke akun Google mulai Jumat 27 September.

"Untuk tetap bisa menggunakan aplikasi Google di HP ini (Android lawas), update ponsel ke Android versi 3.0 Honeycomb, atau lebih baru," tulis Google dalam e-mail perusahaan, baru-baru ini.

Adapun pengguna Android yang terdampak dengan kebijakan Google ini di antaranya adalah pemilik ponsel yang masih menjalankan OS Android versi:

1.0, 1.1, 1.5 Cupcake

1.6 Donut

2.0 Eclair

2.2 Froyo

2.3 Gingerbread

Karena tak bisa login/sign in ke akun Google, artinya pengguna Android yang terdampak juga tak bisa lagi login ke aplikasi Gmail, YouTube, Drive, Maps, dan Google Play Store, setelah 27 September.

Tentunya, kebijakan Google itu untuk meningkatkan keamanan pengguna. Menurut halaman dukungan Google, pengguna juga akan disodori notifikasi "username or password error" ketika mencoba melakukan beberapa hal di ponselnya.

Misalnya menambahkan atau membuat akun Google, melakukan factory reset dan mencoba sign in ke akun Google lagi, atau ketika mengubah password akun Google.