Find Us On Social Media :

Kalahkan Samsung, Kunci Sukses Xiaomi Rajai Pasar HP di Eropa

By Adam Rizal, Kamis, 5 Agustus 2021 | 11:30 WIB

Redmi Note 10 Ultra

Tak pernah dibayangkan, Xiaomi yang dulunya adalah vendor smartphone murah kini bisa mendominasi pasar smartphone global bahkan menguasai pasar ponsel Eropa. Xiaomi berhasil meraih gelar sebagai penguasa pasar smartphone Eropa pada kuartal II-2021 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Firma riset Strategy Analytics melaporkan Xiaomi memimpin dengan perolehan pangsa pasar sebesar 25,3 persen dengan mengirimkan lebih dari 12,7 juta unit ponsel. Xiaomi juga mengalami peningkatan sebesar 67 persen dibandingkan kuartal II tahun lalu (year over year/YoY).

Director Strategy Analytics Boris Metodiev mengatakan kesuksesan dominasi Xiaomi itu didorong oleh tingginya permintaan smartphone seri Mi dan Redmi di sejumlah negara di Eropa.

"Xiaomi mengalami kesuksesan besar di Rusia, Ukraina, Spanyol, Italia serta sejumlah negara lain dan (Xiaomi) sudah menemukan pelanggan yang menginginkan seri Mi dan Redmi yang kaya fitur dan memiliki nilai jual," kata Metodiev seperti dikutip The Verge.

Bahkan, Xiaomi mampu menyalip Samsung yang justru mengalami penurunan 7 persen secara YoY. Pangsa pasar Samsung berhasil menembus angka 24 persen dengan total pengapalan sebanyak 12 juta unit ponsel.

Di bawah Xiaomi dan Samsung, ada Apple dengan pangsa pasar 19,2 persen dan total pengapalan sebanyak 9,6 juta unit ponsel.

Posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh Oppo dan Realme. Dengan pangsa pasar 5,6 persen, Oppo telah mengapalkan sebanyak 2,8 juta unit ponsel.

Sementara itu, Realme mengekor di belakang dengan pangsa pasar 3,8 persen dan total pengapalan 1,9 juta unit ponsel.

Realme berhasil merangkak ke posisi kelima setelah mengalami pertumbuhan tertinggi di kuartal II-2021, yakni sebesar 1.800 persen.

Jumlah smartphone yang sudah dipasarkan di Eropa sepanjang kuartal II-2021 telah mencapai 50,1 juta unit ponsel dengan pertumbuhan pangsa pasar sebanyak 14,4 persen.

Naik Peringkat

Nama Xiaomi juga kembali muncul dalam Fortune Global 500, daftar 500 perusahaan terbaik dunia. Ini merupakan ketiga kalinya Xiaomi masuk dalam daftar tersebut dengan kenaikan pesat hingga 84 peringkat dari posisi ke-422 pada 2020 ke peringkat 338.