Find Us On Social Media :

Review Razer Huntsman Mini: Dimensi Ringkas dengan Suara Halus

By Dayu Akbar, Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:30 WIB

Razer Huntsman Mini.

Memenuhi permintaan komunitas pemain gim akan kibor lebih ringkas dan praktis, Razer meluncurkan lini kibor untuk bermain gim mekanikal yang memiliki dimensi 60% melalui seri Huntsman Mini.

Seri ini merupakan kibor untuk bermain gim mekanikal pertama Razer yang mengusung ukuran tersebut. Sebagai informasi, kibor paling umum yang ada di pasaran saat ini memiliki beberapa jenis ukuran, di antaranya full size (100%), TKL (tenkeyless), dan ukuran yang lebih minimalis seperti 68%, 65%, dan 60%.

Kibor 60% sendiri memiliki jumlah tombol sebanyak 61 serta tidak menyertakan number pad, tombol panah untuk navigasi, dan tombol function. Berbeda dengan kibor 65% atau 68% yang memiliki tombol lebih banyak seperti tombol panah, navigasi, dan lainnya.

Meski harganya tergolong premium, Razer hanya menyertakan kabel USB, buku manual, stiker, dan tanpa kelengkapan tambahan lain seperti keycaps puller.

Ukuran ringkas memang mengorbankan beberapa tombol. Namun, tentu saja Razer telah menggantikan beberapa tombol yang hilang agar fungsinya bisa ditempatkan bersamaan dengan tombol lain. Misalnya tombol panah (kiri, bawah, kanan, dan atas) yang ditempatkan bersamaan dengan tombol JKL dan I. Begitu pula dengan fungsi tombol lainnya seperti PgUp, PgDown, End, Del, serta tombol F1 sampai F12.

Jika ingin menjalankan fungsi kedua dari tombol-tombol tadi, Anda harus menekan secara bersamaan dengan tombol Fn. Cara ini memang agak sedikit ribet dan butuh pembiasaan. Apalagi jika ingin menjalankan fungsi tombol panah.

Hal yang sebenarnya tidak terlalu asing karena beberapa tombol pada laptop pun menggunakan metode yang serupa, kecuali saat ingin menggunakan tombol panah. Namun karena ini merupakan perangkat yang lebih ditujukan untuk pemain gim, seharusnya hal tersebut dimaklumi karena penggunaannya yang memang lebih fokus pada tombol pada area kiri. Sementara, untuk kebutuhan lain seperti mengetik maupun lainnya, memang dibutuhkan pembiasaan agar nyaman digunakan.

Kibor ini menggunakan jenis kabel yang bisa dilepas memanfaatkan porta USB Type-C. Sementara, porta yang digunakan untuk terpasang ke komputer menggunakan USB Standard-A.