Find Us On Social Media :

Riset: Pengguna iPhone Lebih Setia daripada Android

By Adam Rizal, Minggu, 8 Agustus 2021 | 13:30 WIB

iPhone vs HP Android

Dunia smartphone saat ini praktis terbagi dua antara Android dan iOS. Pengguna Android berjumlah lebih banyak, tapi mereka ternyata tidak sesetia pemakai iPhone.

Menurut survei yang dilakukan oleh lembaga Consumer Intelligence Research Partner (CIRP), selama empat tahun terakhir, loyalitas pengguna Android mengalami penurunan.

Sementara, kesetiaan pengguna iPhone terhadap perangkatnya justru meningkat secara perlahan.

Pada kuartal II-2021, misalnya, hasil riset CIRP menunjukkan bahwa loyalitas pengguna iPhone berada di angka 93 persen dan Android sekitar 88 persen.

Artinya 93 persen pengguna iPhone bakal tetap memilih ponsel buatan Apple ketika harus membeli perangkat baru.

Sementara di kubu yang berseberangan, kemungkinan hanya 88 persen pengguna Android yang akan tetap memilih platform itu saat upgrade.

Riset ini CIRP dilakukan pada April 2021 hingga Juni 2021 dan diikuti oleh 500 responden melalui survei online.

Menariknya, data CIRP menunjukkan bahwa situasinya terbalik pada 2017 lalu, di mana tingkat kesetiaan pengguna Android unggul dengan angka 91 persen, dibandingkan 86 persen untuk iPhone.

"Loyalitas dan peralihan ini menunjukan beberapa perubahan. Loyalitas pengguna iOS yang naik secara perlahan juga ikut mempengaruhi kondisi pangsa pasar," kata Mike Levin, Co Founder CIRP.

Baca juga: Banyak Pengguna Pakai Masker, Apple Patenkan Fitur Touch ID di iPhone

Beda Merek, Beda Kesetiaan

Sebuah survei lain yang dilakukan oleh situs jual beli ponsel SellCell mengungkap bahwa tingkat kesetiaan pengguna antar merek ponsel ternyata juga berbeda-beda.