Find Us On Social Media :

ASUS ROG Zephyrus M16 (GU603), Laptop Gaming 16 inci Pertama di Dunia

By Dayu Akbar, Kamis, 12 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Menambah lini laptop gaming seri ROG, ASUS meluncurkan seri terbarunya yaitu ROG Zephyrus M16 (GU603). Sesuai penamaan serinya yaitu M16, ini merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengusung layar dengan ukuran 16 inci. Penggunaan ukuran ini didasari dengan para gamer yang ingin layuar besar pada laptop gaming namun tetap mengusung portabilitas.Kebanyakan layar 17 inci memiliki ukuran besar dan lebih tepat dibilang sebagai desktop replacement. Hal ini yang membuat laptop tersebut tidak nyaman untuk dibawa-bawa karena ukuran terlalu besar dan berat. Apalagi tren laptop gaming berukuran tipis, ringkas, dan ringan kini semakin meroket sejak diperkenalkannya ROG Zephyrus sebagai laptop gaming paling tipis dan ringkas pada tahun 2016.

Baca Juga: ASUS Hadirkan ASUS Online Store untuk Mudahkan Masyarakat di Tanah AirDari sisi desain, ASUS ROG Zephyrus M16 punya layar berukuran 16-inci ke dalam bodi yang lebih kecil dari laptop dengan layar 15-inci. Rahasianya? fitur Super Narriow Bezel yang bikin bezel super tipis hanya 4,6mm di empat sisi layarnya. Penggunaan bezel tersebut bikin ROG Zephyrus M16 (GU603) jadi laptop gaming dengan screen-to-body ratio paling besar saat ini, yaitu hingga 94%.

Baca Juga: ASUS TUF Gaming F15 (FX506) Meluncur. Ini Spesifikasi dan Harganya

Dengan ukuran layar 16 inci, ASUS membuat ketebalannya tidak sampai 2 cm dan bobotnya hanya 1,9 kg yang membuat ROG Zephyrus M16 sangat portabel dan nyaman untuk dibawa bepergian serta bekerja, apalagi layarnya dapat dibuka hingga 180 derajat.Masih seputar desain, bagian cover ROG Zephyrus M16 terdapat lebih dari 8000 lubang yang diposisikan secara presisi. Di balik lubang tersebut terdapat lapisan prismatic film yang dapat menampilkan efek warna prisma jika dilihat dari berbagai sudut.

Agar performa stabil, ASUS juga dilengkapi dengan sistem pendingin khusus yaitu ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin terintegrasi tersebut terdiri dari berbagai fitur dan teknologi yang memungkinkan panas dari setiap komponen di ROG Zephyrus M16 dapat dikeluarkan secara efektif.ROG Intelligent Cooling menggunakan kipas Arc Flow terbaru yang memiliki 84 bilah. Setiap bilah di kipas tersebut memiliki truktur khusus yang dirancang untuk meminimalisir turbulensi dan memaksimalkan aliran udara. Kipas tersebut disokong oleh ruangan khusus yang dilengkapi dengan sistem Self-Cleaning Cooling 2.0, yaitu sistem yang memungkinkan debu dan pertikel kecil untuk dikeluarkan melalui terowongan khusus sehingga tidak menyumbat sistem pendingin secara keseluruhan.

Kipas Arc Flow di ROG Zephyrus M16 (GU603) terhubung langsung dengan heatsink khusus yang juga terkoneksi dengan jaringan heatpipe. Terdapat enam heatpipe di laptop gaming ini dengan thermal coverage hingga 25%. Heatpipe tersebut juga tidak hanya menyerap panas dari CPU dan GPU, tetapi juga komponen penting lain seperti VRM yang juga mengeluarkan panas.

Baca Juga: ASUS VivoBook 15 (A516), Laptop 15 Inci untuk Semua KalanganDalam pengujian menggunakan 3DMark Stress Test, ROG Zephyrus M16 (GU603) berhasil lolos uji pada mode pengujian Time Spy sebanyak 20 kali loop. Menariknya lagi, suhu yang dihasilkan oleh CPU dan GPU tergolong stabil dan cukup rendah selama pengujian, yaitu rata-rata suhu CPU pada 64,59 derajat Celcius dan suhu GPU pada rata-rata 75,12 derajat Celcius.Untuk spesifikasi lengkap serta harganya, bisa dilihat pada tabel berikut: