Find Us On Social Media :

Mobile Legends Jadi Mobile Game Paling Favorit di Indonesia 2021

By Adam Rizal, Senin, 16 Agustus 2021 | 11:00 WIB

Mobile Legends

Pertumbuhan mobile gaming di seluruh dunia, termasuk Indonesia meningkat drastis selama masa pandemi, menyusul banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah.

Dalam laporan 2021 Mobile Gaming Tear Down: Key Trends on Subgenres, Monetization & User Acquisition, Lembaga riset App Annie mengungkapkan Indonesia adalah pasar terbesar ke-4 untuk unduhan game mobile di dunia pada H1 2021.

Lantas, game apa yang paling banyak dimainkan orang Indonesia?

App Annie melaporkan game yang paling banyak dimainkan oleh gamer Indonesia pada tahun ini adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Mobile Legends: Bang Bang.

Orang Indonesia sangat menyukai game bergenre MOBA, RPG dan Simulasi pada tahun ini.

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang hadir untuk perangkat berbasis Android dan iOS pada 2016. Animo pengunduh game mobile itu di perangkat Android sangatlah besar karena berjumlah lebih dari 100 juta unduhan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mobile Legends: Bang Bang juga masih menjadi game favorit di Play Store dengan urutan nomor tiga selama Agustus 2021.

Game lainnya

Sementara itu, unduhan utama subgenre hypercasual, 4 dari 10 subgenre yang paling banyak diunduh di semua game tertuju pada hypercasual. Subgenre Puzzle dan Action masing-masing tumbuh 16% dan 37% YoY (year-on-year) per tahun-nya dalam permintaan. Game Happy Glass paling banyak di download dari genre Hypercasual lain, dengan total 100 juta unduhan dalam 62 hari.

Jumlah pengguna game mobile pada awal pandemi hingga saat ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia tetap stabil. Total download game mobile mingguan pertama kali melampaui 1 miliar pada Maret 2020.

Para mobile gamer di seluruh dunia, termasuk Indonesia, banyak menguras uang untuk membeli item game pada semester pertama tahun 2021.