Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah, Akhinya Google Kembangkan HP Layar Lipat Pixel Fold

By Adam Rizal, Senin, 16 Agustus 2021 | 12:00 WIB

Google Pixel Fold

HP layar lipat tampaknya akan menjadi pemain penting di masa depan pasar smartphone, menyusul satu persatu vendor smartphone yang memperkenalkan HP layar lipat. Usai Samsung dan Huawei, kini Google akan meluncurkan HP layar lipat Pixel Fold.

Informasi itu muncul dari aplikasi Google Camera Android 12 Beta 4. Para pengembang menemukan ada empat perangkat dengan nama kode yaitu Oriole, Raven, Passport, dan Slider.

Oriole dan Raven adalah series Pixel 6 terbaru Google yang akan dirilis musim pada gugur tahun ini.

Untuk kode "Paspor" adalah HP layar lipat Google yang akan hadir di masa depan. Berdasarkan spekulasi yang tersebar, kode nama 'Paspor' akan berubah menjadi Google Pixel Fold.

Salah satu leaker (pembocor) terkenal, Jon Prosser membocorkan Google Pixel Fold akan hadir dan kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun ini atau awal tahun 2022 mendatang.

Dalam tweet itu, terdapat balasan dari pendiri DSCC dan juga Display Analyst, Ross Young, yang menyetujui tweet dari Jon Prosser.

Informasi serupa juga pernah muncul pada Desember 2020 lalu yang berisi tentang perkiraan ponsel yang dapat dilipat, ia juga mencatat bahwa paruh kedua tahun 2021 akan ada “setidaknya 3 model dari Samsung, 4 model dari Oppo, Vivo dan Xiaomi dan 1 model dari Google.”

Bocoran spesifikasinya, Google juga akan menyematkan chipset buatannya sendiri Google Tensor ke dalam Google Pixel Fold dan kameranya akan menggunakan sistem kamera Google Pixel 6 yang terbukti memiliki kinerja pencitraan terbaik.

Apalagi, Google merupakan salah satu yang terbaik dalam pengoptimalan kamera smartphone.

Penguasa Pasar

Saat ini vendor smartphone mulai menjual HP layar lipat dengan inovasi teknologi lebih canggih. Pasar pun melihat HP layar lipat sangat unik dan berbeda dengan HP yang ada di pasar saat ini.

Tak heran pelan tapi pasti, penjualan HP lipat terus meningkat. Bahkan, firma riset Counterpoint Research memprediksi penjualan HP layar lipat akan meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di dunia.