Find Us On Social Media :

ASUS Luncurkan Chromebook C214, Laptop Edukasi Harga Lima Jutaan

By Dayu Akbar, Senin, 23 Agustus 2021 | 11:00 WIB

ASUS memperkenalkan Chromebook C214, perangkat laptop berbasis Chrome OS yang dirancang untuk kebutuhan edukasi anak-anak. Laptop jenis Chromebook memang sedikit berbeda dengan laptop berbasis Windows. Chrome OS memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom. Chrome OS memiliki antarmuka yang simpel dan lebih mudah digunakan oleh anak-anak. Selain itu, Chrome OS juga dapat menjalankan aplikasi Android melalui Google Play Store. Kemudahan operasional dan dukungan layanan Google membuat ASUS Chromebook C214 yang ditenagai Chrome OS menjadi perangkat tepat untuk edukasi anak.

Baca Juga: Ini Perbedaan Chromebook dengan Laptop Biasa, Pilih Mana?Untuk spesifikasinya, ASUS Chromebook C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 yang sudah cukup powerful untuk menjalankan berbagai aplikasi edukasi yang terdapat di Chrome OS. Dilengkapi dengan memori DDR4 RAM sebesar 4GB sehingga dapat diandalkan untuk multitasking di Chrome OS, serta penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB.

Laptop ini juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB.Ukuran layarnya sebesar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 yang telah disematkan anti-glare sehingga anak-anak dapat menggunakan laptop ini di luar ruangan. Untuk menambah pengalaman penggunaan, ASUS Chromebook C214 hadir dengan teknologi layar sentuh yang mendukung hingga 10 titik sentuh.

Berkat fitur ini, anak-anak dapat belajar secara lebih interaktif melalui gesture sentuh yang telah didukung oleh Chrome OS. Fitur layar sentuh tersebut juga sangat penting mengingat Chrome OS juga mendukung penggunaan aplikasi Android yang memang dirancang untuk layar sentuh.

Baca Juga: ASUS VivoBook 15 (A516), Laptop 15 Inci untuk Semua KalanganChromebook C214 telah mengadopsi tipe layar flip screen yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga laptop ini dapat digunakan layaknya sebuah tablet. ASUS bahkan menyediakan stylus khusus yang dijual terpisah sehingga ASUS Chromebook C214 juga dapat difungsikan sebagai papan gambar digital. Tidak hanya itu, dilengkapi pula dengan dua kamera yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana observasi interaktif. Saat layar laptop dibuka 360 derajat, kamera kedua yang berada di dekat keyboard dapat digunakan untuk menangkap gambar yang ada di depan penggunanya layaknya smartphone.

Untuk konektivitas, tersedia beragam port mulai dari USB Type-A dan Type-C, combo audio jack, hingga pembaca kartu MicroSD. Port USB Type-C yang terdapat di dua laptop ini bahkan telah mendukung teknologi USB Power Delivery serta dapat digunakan sebagai display output.

Baca Juga: ASUS Hadirkan ASUS Online Store untuk Mudahkan Masyarakat di Tanah Air

Untuk koneksi nirkabel, disertakan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan perangkat tambahan lainnya. Dan dengan kapasitas 50 Wh, baterainya dapat bertahan hingga 11 jam penggunaan.Hadir dengan pilihan warna dark grey, ASUS Chromebook C214 dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.609.000 dan memiliki masa garansi selama 3 tahun.