Find Us On Social Media :

Mau Investasi Emas Online? Hindari Melakukan Lima Kesalahan Ini

By Liana Threestayanti, Selasa, 24 Agustus 2021 | 16:35 WIB

Ilustrasi aplikasi IndoGold

Logam mulia atau emas merupakan kendaraan investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Namun ada lima kesalahan utama yang harus dihindari ketika ingin berinvestasi emas secara daring atau online.

Seiring era digital, perkembangan teknologi berhasil menjadi wadah perubahan bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satu aspek kehidupan yang mengalami perubahan itu adalah investasi. Revolusi digital memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses berbagai instrumen investasi dengan modal yang cenderung sedikit, termasuk emas. 

“Investasi emas secara online dengan platform digital seperti IndoGold, dapat menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi kecil-kecilan. Hal ini dikarenakan investor dapat berinvestasi secara rutin dengan jumlah terkecil sesuai kemampuan finansial dan tujuan investasi. Selain itu, investasi emas secara online mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya. Tak hanya itu, IndoGold juga dilengkapi dengan metode pembayaran digital, seperti ShopeePay, untuk mempermudah pembayaran,” ujar Indra Sjuriah, Co-Founder dan CMO IndoGold.

Dengan berbagai kelebihan investasi emas secara online tersebut, tak sedikit orang yang penasaran dan tertarik untuk memulainya. Namun, di balik kelebihannya, investor perlu dibekali pemahaman seputar investasi emas. 

Menurut Indra Sjuriah, ada lima kesalahan utama dalam berinvestasi emas secara daring atau online yang patut dihindari untuk memperoleh keuntungan yang maksimal sehingga dapat mencapai tujuan keuangan.

1.Cash flow yang masih berantakan

Kesalahan paling umum dilakukan investor pemula adalah cash flow yang tidak tertata dengan baik. Bersumber dari Corporate Finance Institute, cash flow merupakan kenaikan atau penurunan jumlah uang yang dimiliki oleh bisnis, institusi, atau individu. Hal ini termasuk aspek yang sangat krusial dalam berinvestasi, termasuk investasi emas. 

Sebelum memulai investasi, sebaiknya Anda melakukan pengelolaan keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif. Jika cash flow dalam keadaan sebaliknya, kamu tidak dapat melakukan investasi emas secara rutin atau bahkan berinvestasi menggunakan ‘uang panas’.

2.Tidak menentukan tujuan investasi

Mendapatkan untung sebanyak-banyaknya merupakan salah satu tujuan utama para investor. Memang tidak salah, tetapi arti dan manfaat investasi jauh lebih besar dari mengejar cuan saja. Investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan berskala besar seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Tanpa memiliki tujuan investasi, keuntungan yang ingin dicapai akan lebih sulit untuk diwujudkan. 

Aspek tersebut berguna dalam menentukan seberapa besar risiko investasi yang sanggup Anda ambil dan akan menjadi kiblat selama berinvestasi. Selain itu, dengan adanya tujuan investasi, Anda dapat dengan mudah menentukan periode investasi serta besaran dana yang dibutuhkan secara rutin untuk mencapai tujuan tersebut.

3.Memilih platform digital penyedia investasi emas online yang tidak kredibel