Find Us On Social Media :

Fintech Modal Rakyat Berhasil Salurkan Pendanaan Hingga Rp2 Triliun

By Rafki Fachrizal, Kamis, 2 September 2021 | 08:45 WIB

Startup fintech (financial technology) Modal Rakyat menyatakan bahwa telah berhasil menyalurkan pendanaan lebih dari Rp2 Triliun per Agustus 2021.

“Pencapaian penyaluran Rp2 Triliun ini tentu akan semakin memotivasi agar ke depan Modal Rakyat terus berkembang. Tentunya tidak hanya dari sisi nominal penyaluran pembiayaan, tetapi juga memperluas kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar inklusi keuangan dapat sungguh terbangun,” ungkap Hendoko Kwik CEO Modal Rakyat.

Walaupun masih di tengah situasi pandemi, selama semester satu tahun 2021 Modal Rakyat tumbuh sekitar 15% per bulan.

“Pertumbuhan ini tentu menunjukkan optimisme, baik dari sisi perusahaan maupun industri fintech lending yang dapat terus berkembang di tengah situasi ini,” tutur Hendoko.

Selain itu, pada tahun ini Modal Rakyat juga telah resmi membuka kantor cabang di Surabaya guna menjembatani para pelaku UMKM yang membutuhkan dukungan pembiayaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Tercatat, hingga kini Modal Rakyat telah mengajak 12,605 pendana individu, 22 pendana institusi, dan 14 mitra strategis untuk bersinergi mendukung inklusi keuangan Indonesia.

Selain itu, Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan untuk 8,811 peminjam, yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dari sisi demografis, peminjam Modal Rakyat 78% berada di pulau Jawa dan 22% berada di luar Pulau Jawa. Sedangkan dari sisi pendana 75% pendana berasal dari pulau Jawa dan 25% pendana berasal dari luar pulau Jawa.

Kemudian dari sisi sektor pembiayaan, terdapat tiga sektor penyaluran pembiayaan terbesar yaitu sektor jasa akuntansi dan keuangan, sektor teknologi informasi, dan sektor perdagangan.

Adapun jenis-jenis pembiayaan yang tersedia di Modal Rakyat hingga saat ini, yakni: Modal Mikro, Modal UKM, dan Modal Multiguna.

Selain memberikan beberapa pilihan jenis pembiayaan bagi peminjam, pendana juga dapat mengakses aplikasi Pendana Modal Rakyat, baik di Google Play, App Store, dan Huawei App Gallery.

Pengembangan aplikasi pendana dimulai sejak 2019 dan kini telah didownload oleh 100.000 pengguna.

Pertengahan 2021 ini Modal Rakyat juga resmi bersinergi dengan Fazz Financial Group. Ke depannya, Modal Rakyat akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan hingga pengembangan produk serta teknologi guna memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk UMKM.