Find Us On Social Media :

Jangan Salah Beli!, Ini Kriteria HP yang Tepat untuk Belajar Online

By Adam Rizal, Sabtu, 4 September 2021 | 09:16 WIB

Xiaomi Redmi 9T

Sampai saat ini pandemi masih belum berakhir dan belum ada tanda-tanda normal kembali seperti dulu. Bahkan, sebagian sekolah sampai saat ini masih melakukan proses belajar mengajar secara online dan itu hampir setiap kota di Indonesia.

Maka dari itu sampai sekarang ini permintaan ponsel pintar yang dapat menunjang belajar online terus meningkat dari waktu ke waktu.

Era memang telah berubah, jika dulu adalah masa dimana orang tua akan menyiapkan buku, baju dan sepatu untuk kebutuhan sekolah. Sekarang, wajib HP dengan spesifikasi mumpuni harus ikut dipersiapkan juga, misalnya Redmi 9T.

Jika anda adalah salah satu orang tua yang sedang mencari HP untuk kebutuhan belajar online maka anda berada di artikel yang tepat. Di artikel ini akan dijelaskan kriteria hp yang cocok untuk kebutuhan belajar online. 

Kriteria Wajib HP untuk Belajar Online

Ada banyak HP yang saat ini tersebar dengan beragam brand yang ada. Namun kriteria dibawah ini bisa menjadi acuan anda dalam memilih HP untuk belajar online:

Kapasitas RAM dan Memori Internal yang Cukup

Zoom maupun Google meeting adalah beberapa diantara aplikasi yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan belajar online saat ini. Kedua aplikasi tersebut mengonsumsi RAM dan juga memori internal yang cukup besar, sehingga memerlukan kapasitas RAM dan memori yang cukup untuk menampung salah satu atau kedua dari aplikasi tersebut.

Jika budget yang dimiliki terbatas, bisa memilih HP dengan RAM 2GB sampai dengan 3GB. Ponsel pintar dengan kapasitas RAM tersebut sudah bisa digunakan untuk kebutuhan belajar online. Nah, agar hp tetap bisa digunakan dengan baik, jangan sampai menginstall banyak aplikasi.

Kamera Jernih dan Mumpuni

Video dan foto adalah dua hal yang pasti akan sering ditemui ketika proses belajar secara online. Biasanya siswa akan diminta gurunya untuk mengumpulkan tugas berupa video maupun foto. Sehingga HP dengan kamera yang mumpuni dapat mendukung membuat tugas yang jernih dan mudah terbaca oleh guru.

Kamera jernih dan mumpuni ini bukan berarti adalah HP dengan resolusi kamera yang tinggi, karena harga hp tersebut sudah dipastikan memiliki harga yang mahal. Tapi, hp dengan minimal resolusi kameranya sebesar 16 MP sudah bisa mendukung untuk belajar online.