Find Us On Social Media :

Samsung Resmi Luncurkan Sensor Kamera 200 MP, Ini Kecanggihannya

By Rizal, Sabtu, 4 September 2021 | 11:30 WIB

Samsung 200 MP

Akhirnya, Samsung akhirnya memperkenalkan sensor kamera Smartphone 200 MP sekaligus menjadi sensor kamera HP dengan resolusi tertinggi yang pernah dibuat.

Lantas apa kehebatannya?

Sensor kamera Samsung 200 MP itu bernama Isocell HP1. Sensor itu memiliki teknologi pixel-binning hingga 16 pixel atau ChameleonCell seperti dikutip The Verge.

Teknologi itu memungkinkan pengaturan empat kali empat 12,5MP untuk penggunaan cahaya rendah, tetapi tetap bisa mengambil foto beresolusi penuh 200MP atau menggunakan teknik binning dua kali untuk gambar 50MP. Hebatnya, mode binning dua kali dua juga memungkinkan HP1 merekam video 8K.

Samsung mengatakan sensor kamera itu mampu memotret 8K tanpa pemotongan, meskipun 8K standar kurang dari 50MP. Tak hanya itu, Samsung memperkenalkan sensor baru lainnya yaitu Isocell GN5, yang merupakan sensor 50MP dengan piksel 1,0um, yang mengintegrasikan teknologi dual pixel Pro.

Sayangnya, Samsung belum mengatakan kapan sensor baru akan diproduksi secara massal.

Prosesor Terkuat

Samsung akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk chip Exynos terbaru.

Tak hanya itu, Samsung juga akan menggunakan perangkat lunak terbaru Synopsys, yang merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak desain chip terkemuka.

Samsung menggunakan perangkat lunak Synopsys AI untuk merancang chip Exynos-nya. Sayangnya, Samsung tidak membocorkan, apakah chip terbarunya telah masuk ke produksi, atau bakal disematkan pada produk baru lainnya.

Solusi Synopsys yaitu DSO.ai memiliki jejak yang lebih besar, mengingat perusahaan tersebut telah bekerja dengan banyak perusahaan lain seperti dikutip Wired.

Pendekatan kecerdasan buatan saat ini yang digunakan oleh Synopsys menggunakan teknik pembelajaran mesin, yang disebut pembelajaran penguatan untuk mengerjakan desain sebuah chip.