Find Us On Social Media :

IBM Perkenalkan Server IBM Power E1080 Terbaru, Ini Kecanggihannya

By Adam Rizal, Rabu, 8 September 2021 | 13:30 WIB

Server IBM Power E1080

IBM hari ini mengumumkan server IBM Power E1080 yang baru, server perdana dalam rangkaian baru server berbasis prosesor IBM Power10, yang dirancang khusus untuk lingkungan hybrid cloud.

Server E1080 yang dilengkapi prosesor IBM Power10 direkayasa untuk menjadi salah satu dari platform server paling aman dan dirancang untuk membantu klien mengoperasikan pengalaman hybrid cloud yang aman serta tanpa hambatan di seluruh infrastruktur TI mereka.

Server IBM Power E1080 diluncurkan pada saat yang sangat penting untuk TI. Seiring kebutuhan organisasi di seluruh dunia untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang tak terduga dalam perilaku dan kebutuhan konsumen, perusahaan membutuhkan platform yang dapat menyampaikan aplikasi dan wawasan mereka secara aman di tempat dan pada waktu yang dibutuhkan.

Studi dari IBM Institute of Business Value pada tahun 2021 menemukan bahwa, ketika ditanya tentang apa yang akan paling agresif dikejar selama dua sampai tiga tahun berikutnya, 56% dari 3.000 CEO yang disurvei menekankan jawabannya pada pentingnya meningkatkan kelincahan dan fleksibilitas operasional.

Banyak yang melihat jawaban atas kebutuhan ini ada dalam model komputasi hybrid cloud, yang menggabungkan sumber daya on-premise dengan infrastruktur berbasis cloud dan dapat menawarkan hingga 2,5x nilai yang lebih besar dibandingkan pendekatan khusus cloud publik. Namun, tidak semua model hybrid cloud dirancang sama.

"Ketika kami merancang E1080, kami harus menyadari bagaimana pandemi telah mengubah tak hanya perilaku konsumen, tetapi juga perilaku dan kebutuhan pelanggan kami akan infrastruktur TI mereka," kata Dylan Boday, VP Product Management untuk AI dan Hybrid Cloud.

"E1080 adalah IBM sistem pertama yang dirancang dari silikon dan diperuntukkan pemakaian di lingkungan hybrid cloud dimana sistem yang dibuat khusus untuk berfungsi sebagai landasan bagi visi kami tentang pengalaman hybrid cloud yang dinamis dan aman, tanpa hambatan," ucapnya.

IBM E1080 yang baru dirancang untuk memperkenalkan beberapa fitur utama termasuk:

Peningkatan untuk hybrid cloud seperti yang direncanakan menjadi yang terdepan di industri, dengan pengukuran per menit perangkat lunak Red Hat termasuk Red Hat OpenShift dan Red Hat Enterprise Linux, keluaran kontainer OpenShift yang 4,1x lebih besar per core dibandingkan server berbasis x86 dan konsistensi arsitektur serta fleksibilitas seperti cloud di seluruh lingkungan hybrid cloud untuk mendorong kelincahan dan meningkatkan biaya tanpa mengulang faktor aplikasi.

Peningkatan kinerja berbasis perangkat keras baru yang menghadirkan kinerja dan skalabilitas hingga 50% lebih besar dibandingkan pendahulunya IBM Power E980, sekaligus mengurangi penggunaan energi dan jejak karbon E980, memungkinkan pelanggan untuk lebih produktif dengan emisi yang lebih sedikit.

E1080 juga dilengkapi dengan empat akselerator matematika matriks per core, memungkinkan kinerja inferensi 5x lebih cepat dibandingkan dengan E980.

Alat keamanan baru yang dirancang untuk lingkungan hybrid cloud termasuk enkripsi memori transparan sehingga tidak ada pengaturan manajemen tambahan, 4x mesin enkripsi per core, memungkinkan enkripsi AES 2,5x lebih cepat dibandingkan dengan IBM Power E980, dan perangkat lunak keamanan untuk setiap tingkat sistem tumpukan.