Find Us On Social Media :

Sampingan: Lima Alasan Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

By Rafki Fachrizal, Kamis, 9 September 2021 | 16:15 WIB

Persaingan di dalam dunia bisnis, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini semakin sengit. Tak sedikit usaha yang terpaksa harus menyerah pada keadaan hingga akhirnya menutup usahanya.

Di sisi lain, pandemi menciptakan peluang-peluang bisnis baru, terutama yang memanfaatkan platform digital.

Untuk membangun bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang yang ada, akan tetapi lebih dari itu.

Salah satu kunci utama yang harus dilakukan para calon pelaku usaha sebelum membangun ataupun memperluas lini bisnis adalah melakukan riset pasar yang baik dan tepat.

Taris Adani selaku Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan mengatakan bahwa berkembangnya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pasar lantaran di sanalah produk atau layanan akan ditawarkan ke konsumen.

“Oleh karenanya, riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar,” ujarnya.

Lantas, apa saja sebenarnya fungsi atau manfaat dari riset pasar sehingga penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis?

Berdasarkan rangkuman dari Taris Adani yang mewakili startup Sampingan, ada lima poin utama yakni:

1. Mengenal Karakter Target Pasar Lebih Dalam

Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target market dari produk.

“Dengan lebih mengenal karakter konsumen maka perusahaan akan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga bisa memberikan pelayanan dan juga produk yang sesuai. Tak hanya itu, mengenal karakter dari konsumen dan target pasar juga berfungsi untuk membantu pelaku usaha ataupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya,” jelas Taris.

2. Menganalisa Strategi yang Dilakukan Kompetitor

Tingginya kompetisi di dunia bisnis saat ini, menjadikan pelaku usaha penting mengetahui apa yang dilakukan kompetitor dalam bisnisnya.