Find Us On Social Media :

Melalui Tech World 2021, Lenovo Kenalkan Dua Laptop Yoga Baru

By Cakrawala, Kamis, 16 September 2021 | 19:00 WIB

Mengambil tema “smarter technology for the next reality”, Lenovo Tech World 2021 menampilkan aneka produk baru. Dua di antaranya adalah Lenovo Yoga Slim 7 Carbon (kanan) dan Lenovo Yoga Slim 7 Pro.

Lenovo telah menggelar acara tahunannya “Tech World 2021” di dunia secara virtual beberapa waktu lalu. Mengambil tema “smarter technology for the next reality”, Lenovo Tech World 2021 menampilkan berbagai produk baru yang sesuai dengan temanya itu. Lenovo menilai mulai pulihnya dunia dari pandemi COVID-19 menggeser gaya hidup masyarakat dunia ke gaya hidup yang makin hibrida.

Sejumlah perusahaan memang sudah menetapkan bahwa setidaknya sebagian tenaga kerjanya bisa terus bekerja dari rumah sekurang-kurangnya beberapa hari dalam seminggu. Lenovo meyakini mereka yang merangkul dan memiliki akses ke teknologi yang lebih cerdas alias smarter technology, seperti yang ditawarkan produk-produk barunya, akan berumbuh pesat pada realitas hibrida berikutnya.

Sejumlah produk baru yang ditampilkan Lenovo pada Tech World 2021 antara lain adalah dua produk PC, tepatnya laptop, untuk consumer yang menggunakan sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 11. Microsoft Windows 11 sendiri akan diluncurkan secara resmi bulan Oktober yang akan datang.

Meski ditampilkan pada Lenovo Tech World 2021, ketersediaan kedua produk PC yang menggunakan Microsoft Windows 11 itu tentunya berbeda di setiap negara. Di Amerika Serikat ketersediaannya ditargetkan mulai Oktober 2021. Namun, Lenovo tidak menyebutkan tanggal pastinya untuk Indonesia. Adapun kedua laptop dengan Microsoft Windows 11 tersebut adalah Lenovo Yoga Slim 7 Carbon dan Lenovo Yoga Slim 7 Pro. Lenovo pun mengeklaim mereka sebagai bagian dari beberapa laptop pertama dengan Microsoft Windows 11 di dunia.

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon

Lenovo Yoga Slim 7 Carbon, tepatnya Lenovo Yoga Slim 7 Carbon Gen 2 alias generasi ke-2, merupakan laptop dengan layar berukuran diagonal 14 inci. Panel yang digunakan pun tak sembarangan, yakni OLED. Hadir dengan bobot mulai dari 1 kg (unit yang ditampilkan 1,1 kg), Lenovo bahkan menyebutkan Yoga Slim 7 Carbon sebagai laptop OLED 14 inci paling ringan di dunia.

Penggunaan layar OLED tentunya sedikit banyak membantu pula Lenovo Yoga Slim 7 Carbon untuk memiliki color gamut yang luas. Lenovo mengeklaim Yoga Slim 7 Carbon memiliki color gamut 100% DCI-P3. Tak hanya itu, Lenovo juga mengeklaim Yoga Slim 7 Carbon mampu mereproduksi warna dengan akurasi tinggi; Delta E < 2. Hadir dengan resolusi QHD+; tepatnya 2.880 x 1.800 piksel; layar Lenovo Yoga Slim 7 Carbon mendukung refresh rate 90 Hz, VESA DisplayHDR True Black 500, dan Dolby Vision.

Tak hanya ringan, Lenovo Yoga Slim 7 Carbon pun tipis. Lenovo Yoga Slim 7 Carbon memiliki ketebalan mulai dari 1,49 cm (dimensi mulai dari 31,3 x 21,5 x 1,49 cm). Namun, bukan berarti Lenovo Yoga Slim 7 Carbon ringkih. Selain magnesium alloy, Lenovo Yoga Slim 7 Carbon menggunakan serat karbon pada titik-titik kritikalnya sehingga memiliki ketahanan yang baik. Apalagi Lenovo menegaskan Yoga Slim 7 Carbon telah melewati sembilan pengujian ketahanan ala milter Amerika Serikat, MIL-STD 810H.

Sementara, untuk prosesor dan komponen pendukungnya, Lenovo Yoga Slim 7 Carbon menggunakan prosesor sampai AMD Ryzen 7 5800U, memori utama sampai LPDDR4X 16 GB (kanal ganda), kartu grafis sampai NVIDIA GeForce MX450, media simpan sampai SSD PCI Express 1 TB, dan baterai 61 Wh yang diklaim bisa bertahan sampai 14,5 jam. Sistem operasinya sendiri tentu Microsoft Windows 11.