Find Us On Social Media :

Nih! Fitur-fitur Terkini Aplikasi Clubhouse yang Perlu Diketahui Pengguna

By Liana Threestayanti, Sabtu, 11 September 2021 | 20:20 WIB

Ilustrasi aplikasi Clubhouse

Dengan popularitas yang terus bertambah, Clubhouse terus meningkatkan fitur-fiturnya guna mempermudah para Clubhouser dalam memanfaatkan aplikasi. 

Pada awal Februari 2021, App Annie memperkirakan jumlah unduhan aplikasi Clubhouse secara global mencapai 3,5 juta. Namun pada sekitar pertengahan Februari, seperti dikutip dari Tech Crunch, jumlah unduhan aplikasi berbasis audio ini diprediksi meroket hingga 8,1 juta. 

Meroketnya jumlah unduhan ini tak lepas dari kehadiran para influencer high profile di platform ini, seperti Elon Musk, Kanye West, dan Founder Facebook, Mark Zuckerberg.

Seperti dikutip dari Influencer Marketing Hub, CEO Clubhouse, Paul Davison mengatakan bahwa jumlah pengguna aktif per minggu dari aplikasi Clubhouse mencapai angka 2 juta.  

Selain mendengarkan dan berpartisipasi dalam berbagai obrolan tentang beragam topik, para Clubhouser juga bisa berbagi informasi dengan cara membuat “room” yang bisa dihadiri oleh banyak orang. Pembahasan yang diangkat dalam “room” pun beragam, mulai dari topik perkembangan ekonomi, teknologi, kesehatan, musik, hingga cerita misteri. 

Nah, apa saja fitur-fitur terkini dari Clubhouse? 

Clubhouse Menghapus Sistem "Daftar Tunggu (waitlist)" 

Pada Juli 2021, Clubhouse memutuskan untuk menghapus sistem 'daftar tunggu' atau waitlist. Saat pertama kali muncul, Clubhouse memiliki sistem yang mengharuskan pengguna baru mendapat ‘undangan’ dari pengguna lainnya untuk bisa bergabung di aplikasi Clubhouse. 

Namun, kini semua orang dapat langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu ‘undangan’ dari pengguna lainnya.

“Backchannel”, Fitur Pesan di Clubhouse 

Pada Juli 2021, aplikasi Clubhouse menghadirkan fitur Backchannel, sebuah fitur layanan pesan instan untuk mempermudah komunikasi antarsesama pengguna. 

Fitur "Audio Spasial"