Find Us On Social Media :

Apple Resmi Luncurkan iPhone 13 Series, Ini Spesifikasi dan Fiturnya

By Rizal, Rabu, 15 September 2021 | 08:05 WIB

iPhone 13

Apple resmi meluncurkan iPhone 13 Series yang terdiri iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max dalam acara "California Streaming" yang digelar secara virtual, Selasa (14/9/2021) pagi waktu setempat atau Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

"Hari ini, kami bangga mengumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13," ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara peluncuran.

iPhone 13

Desain iPhone 13 mirip dengan iPhone 12. Hanya saja, jika dilihat seksama, ada sejumlah perbedaan yang diterapkan Apple, salah satunya adalah poni (notch) ikonik yang ukurannya kini diperkecil.

"Modul kamera TrueDepth kini dirombak untuk memberikan area display lebih banyak. Kini, ukurannya 20 persen lebih kecil (dibanding generasi sebelumnya)," klaim VP iPhone Product Marketing, Kaiann Drance, di kesempatan yang sama.

Di dalam poni tersebut, iPhone 13 memiliki kamera selfie 12 MP, kamera inframerah untuk memindai wajah (Face ID), dan beragam sensor pendukung lainnya. Masih di bagian depan, layar iPhone 13 memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12, yaitu 6,1 inci.

Layar iPhone 13 dibekali dengan teknologi panel Super Retina XDR DIsplay, yang diklaim 28 persen lebih terang dari generasi sebelumnya. Tingkat kecerahan layarnya sendiri mentok di angka 800 nits, namun akan ditingkatkan ke 1.200 nits ketika sedang melihat konten HDR.

Selain notch dan layar, desain kamera belakang iPhone 13 disusun rapi secara vertikal, dua kamera belakang di ponsel tersebut kini disusun secara diagonal. iPhone 13 dibekali dengan dua kamera belakang, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, bidang pandang 120 derajat).

iPhone 13

Salah satu fitur kamera baru adalah kehadiran sensor-shift OIS, fitur pengoptimalan serta penstabil gambar mumpuni yang hadir di iPhone 12 Pro Max, namun kini diadopsi model reguler untuk pertama kalinya.

Ada pula fitur Night Mode yang kini hadir di seluruh kamera, serta fitur Cinematic Mode yang bisa menerapkan efek bokeh ke perekaman video. Sebelumnya, efek bokeh sendiri hanya bisa dipakai untuk mode pemotretan gambar saja.

Secara hardware, iPhone 13 juga ditenagai dengan chip terbaru, yaitu A15 Bionic. SoC tersebut kini difabrikasi dengan teknologi 5nm dan diklaim 50 persen lebih ngebut dari pesaingnya.