Find Us On Social Media :

Sepuluh Tokoh Ini Paling Banyak Jadi Berita, Siapa yang Nomor Satu?

By Liana Threestayanti, Jumat, 17 September 2021 | 16:00 WIB

Elon Musk, tokoh bisnis yang paling banyak diberitakan di media online, versi MoneyTransfers.com.

Memanfaatkan analytics, MoneyTransfer.com menyusun daftar tokoh bisnis terpopuler di dunia. Siapa kira-kira yang ada di posisi pertama?

Ada banyak tokoh bisnis inovatif dan berpikiran maju sehingga ide dan kreasinya memiliki dampak yang luar biasa dan terus dikenang. 

Dengan menganalisis data dari tool online analytics Buzzsumo, MoneyTransfers.com membuat daftar tokoh bisnis paling banyak dipublikasikan secara online dalam periode antara September 2020 sampai August 2021. 

Siapakah tokoh bisnis yang berada di tangga teratas dari riset "The Most Publicised Entrepreneurs in the World?" ini?

Peringkat Tokoh bisnis Jumlah artikel online tentang tokoh tersebut  (September 2020 - Agustus 2021)
1. Elon Musk 340.957
2. Jeff Bezos 142.862
3. Bill Gates 84.262
4. Warren Buffett 45.168
5. Mark Zuckerberg 39.047
6. Richard Branson 37.144
7. Mukesh Ambani 27 683
8. Jack Dorsey 24.654
9. Jack Ma 14.723
10. Sundar Pichai 10.838

Hasilnya, Elon Musk berada di posisi teratas. Ada 340.957 artikel online yang diterbitkan dan membahas Tesla dan Space X maverick mulai September 2020 sampai Agustus 2021. Jika dihitung per bulan, jumlah tersebut sama dengan 28.413 artikel per bulan.

Di peringkat kedua, ada nama Jeff Bezos. Ada sekitar 142.862 artikel online mengenai Founder Amazon ini selama periode penelitian.  

Tak lagi aktif berkecimpung di kancah bisnis, Bill Gates rupanya masih menjadi salah satu tokoh yang banyak ditulis oleh media online. Nama Co-founder Microsoft ini bertengger di urutan ketiga dengan sekitar 84.262 artikel online. 

Nama tokoh bisnis lainnya yang meraih 35 ribu lebih artikel online adalah Warren Buffett, Mark Zuckerberg, dan Richard Branson. Sementara nama CEO Google dan Alphabet Inc. berada di urutan ke-10. 

Yang menarik, dari sepuluh nama, tujuh di antaranya adalah para tokoh bisnis pemilik nama besar di bidang teknologi. Meski begitu, tiga tokoh lainnya yang merupakan para konglomerat juga memiliki bisnis yang berkaitan dengan teknologi di antara kerajaan bisnisnya.

Untuk melakukan riset ini, MoneyTransfers.com terlebih dulu mengidentifikasi sejumlah sumber informasi/media online yang dikenal memiliki reputasi, seperti Forbes, Bloomberg dan lain-lain. Dari sumber-sumber tepercaya itu, MoneyTransfers.com mengidentifikasi tokoh-tokoh bisnis di seluruh dunia berdasarkan kekayaan dan reputasinya. 

Setelah memiliki daftar tokoh, yang jumlahnya mencapai 300 orang, MoneyTransfers.com meng-insert nama-nama tersebut ke database Buzzsumo guna memperoleh data jumlah artikel online yang mempublikasikan tokoh-tokoh tersebut. 

Periode September 2020 hingga Agustus 2021 dipilih karena merepresentasikan periode 12 bulan untuk sebuah analisis yang konklusif. Dan bulan Agustus 2021 merupakan bulan terakhir yang tersedia untuk data online terbaru yang diterbitkan oleh Buzzsumo.

Setelah data jumlah artikel untuk tiap tokoh itu diperoleh dari Buzzsumo, nama-nama para tokoh diurutkan mulai dari nama yang terbanyak dipublikasikan di media online. Sebagai finalnya, MoneyTransfers.com juga menentukan sepuluh nama teratas di daftar tokoh bisnis yang paling banyak dipublikasikan.

Dalam riset ini, MoneyTransfers.com juga memerhatikan format publikasi yang berbeda-beda, misalnya beberapa artikel mencantumkan hanya nama belakang atau menyingkat nama tokoh tersebut. Contoh, ada artikel yang menyebutkan nama “Elon Musk” secara lengkap, tapi ada juga artikel yang hanya mencantumkan “Musk” dan “E Musk”.