Find Us On Social Media :

Review Amazfit Bip U: Hadir dengan Desain Gaya dan Fitur Lengkap

By Dayu Akbar, Senin, 20 September 2021 | 19:00 WIB

Amazfit Bip U.

Amazfit cukup gencar meluncurkan varian smartwatch untuk pasar tanah air. Setelah sebelumnya mengulas Amazfit GTS 2 Mini, kini giliran Amazfit Bip U yang hadir ke InfoKomputer. Amazfit Bip U punya fitur sedikit lebih sederhana dibanding GTS 2 Mini. Namun, secara umum fitur-fiturnya masih serupa.

Amazfit Bip U juga punya versi Pro. Yang membedakan, versi Pro mendukung asisten suara Alexa dengan disertakannya mikrofon internal. Selain itu, versi Pro punya fitur tambahan seperti sensor Geomagnetic. Sementara, dari sisi desain, tampilannya sama dengan versi non-Pro.

Menargetkan anak muda, smartwatch ini hadir dengan desain sporty dan sederhana. Tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam (midnight black), hijau (sage green), dan merah muda (flamingo pink); unit yang kami terima adalah yang hijau. Untuk bodinya menggunakan bahan polikarbonat dan strap-nya berbahan silikon yang bisa dilepas. Strap ini punya lebar 20 mm serta panjang 76 mm dan 118 mm. Ukuran itu membuatnya cocok digunakan bagi yang memiliki ukuran tangan kecil.

Hadir dengan desain sporty yang tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam (midnight black), hijau (sage green) dan merah muda (flamingo pink).

Desainnya juga masih mirip-mirip dengan GTS 2 Mini yang tipis dan ringan; punya panjang 40,9 mm, lebar 35,5 mm, ketebalan 11,4 mm, serta bobot 31 gr. Hanya saja ukuran layar sedikit lebih kecil yaitu 1,43 inci. Sementara, panel yang digunakannya adalah IPS, berbeda dengan GTS 2 Mini yang menggunakan AMOLED. Kacanya menggunakan desain 2.5D glass sehingga terlihat lebih timbul. Sebagai bagian yang bakal sering disentuh, layar tersebut sudah terpasang lapisan anti sidik jari agar tetap terlihat bersih dari noda sidik jari.

Layar sentuhnya cukup responsif saat digunakan. Anda bisa dengan mudah menggeser ke berbagai menu; mulai dari geser ke kiri atau kanan untuk mengakses berbagai fitur, geser ke bawah untuk melihat menu pengaturan, atau geser ke atas untuk notifikasi. Respons layar cukup responsif dan memiliki tingkat kecerahan yang baik. Dengan mengatur ke tingkat kecerahan 100%, Anda bisa melihat kayar dengan jelas meski di bawah terik matahari.

Namun, ada hal yang sedikit mengganjal kami, yaitu bezel layarnya yang terlihat tebal. Jika GTS 2 Mini punya bezel berukuran sama di tiap sisi, pada Bip U ini bezel sisi bawah lebih tebal dibandingkan tiga sisi lainnya. Tebalnya sisi bawah yang mengandung tulisan Amazfit menurut kami malah mengurangi estetika.

Amazfit Bip U sudah mendapatkan sertifikasi 5 ATM yang artinya tahan terhadap air tawar dan bisa digunakan sampai kedalaman 50 m.