Find Us On Social Media :

Aplikasi Kesehatan Alami Tren Positif, Adjust Beberkan Kunci Suksesnya

By Liana Threestayanti, Jumat, 24 September 2021 | 18:45 WIB

Ilustrasi aplikasi kebugaran

Kategori aplikasi kesehatan dan fitness masih terus bertumbuh di tahun 2021, walaupun gym dan studio fitness di seluruh dunia secara perlahan mulai dibuka kembali.

Data terbaru dari Adjust, platform analytics pemasaran seluler, menunjukkan adanya penurunan jumlah instalasi aplikasi fitness dan kesehatan sebesar 24 persen YoY di paruh pertama (H1),  tapi jumlah sesi meningkat sebesar 31 persen YoY. Artinya, para pengguna tetap menggunakan aplikasi untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka dari rumah.

Kebiasaan Baru Olah Raga di Rumah

Seiring merebaknya pandemi di tahun 2020, aplikasi kesehatan dan fitness memperlihatkan kinerja yang sangat baik saat masyarakat beralih dari gym ke solusi fitness digital.

Adjust melaporkan bahwa jumlah instalasi aplikasi meningkat sebesar 67 persen di bulan Maret 2020, diikuti oleh peningkatan jumlah sesi sebesar 48 persen di bulan Mei 2020.

Menurut data Adjust, jumlah instalasi aplikasi kesehatan dan fitness kembali meningkat pesat di awal bulan Januari, setelah perayaan Tahun baru, dengan peningkatan sebesar 10 persen YoY. Ini menunjukkan bahwa masyarakat memilih untuk memulai aktivitas kebugaran di awal tahun dengan aplikasi seluler. 

Sementara jumlah sesinya meningkat pesat sebesar 57 persen YoY di bulan Januari. Hal ini menunjukkan bahwa para pengguna yang sudah mengunduh aplikasi fitness favorit mereka menambah intensitas dan durasi berolahraga mereka.

Adjust menemukan bahwa hari Minggu adalah hari favorit pengguna aplikasi untuk berolahraga, dengan jumlah sesi per minggu terbanyak per. Sedangkan hari di mana jumlah sesi paling sedikit jatuh di hari Jumat. 

Yang menarik, sepanjang H1 2021, minggu pertama di bulan Maret menjadi minggu dengan kinerja terbaik dari segi jumlah sesi di tingkat global, yakni 9,1 persen di atas rata-rata H1.

Pasar Kesehatan dan Kebugaran di Masa Depan

Data Adjust lainnya memperlihatkan, sebagian besar aplikasi berhasil mempertahankan pengguna yang mereka akuisisi selama puncak tahun 2020. Gym yang sudah lama beroperasi pun terdorong untuk membuat aplikasi. Menurut Laporan App Annie: Kondisi Industri Seluler di Tahun 2021, sekitar 71.000 aplikasi kesehatan dan fitness diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020 (24.000 aplikasi di Apple App Store dan 47.000 aplikasi di Google Play Store).

“Walaupun jumlah instalasi tidak setinggi tahun lalu, jumlah sesi semakin meningkat, ini menunjukkan bahwa para pengguna tetap menggunakan aplikasi sejak beradaptasi untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka dari rumah,” kata April Tayson, Regional VP, INSEA, Adjust.