Find Us On Social Media :

Lenovo Hadirkan Sejumlah Laptop Tiger Lake H di Indonesia, Apa Saja?

By Cakrawala, Senin, 27 September 2021 | 23:30 WIB

Lenovo meluncurkan sejumlah laptop untuk bermain gim terbarunya di Indonesia, yang terdiri dari seri Legion dan seri IdeaPad, belum lama ini.

Lenovo minggu lalu meluncurkan sejumlah laptop untuk bermain gim terbarunya di Indonesia. Sebagian besar laptop yang diluncurkan Lenovo itu menggunakan lini prosesor Intel untuk mobile terkini, tepatnya Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H yang diluncurkan secara resmi di Indonesia pada pertengahan Juli 2021 — seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Intel Tiger Lake H yang dimaksud memang diluncurkan belakangan dibandingkan Intel Tiger Lake UP3, Intel Tiger Lake UP4, dan Intel Tiger Lake H35; baik di dunia maupun di Indonesia. Dengan peluncuran tersebut, laptop Lenovo yang menggunakan lini prosesor Intel untuk mobile yang paling bertenaga itu pun mulai tersedia alias hadir di tanah air.

Selain prosesor Intel untuk mobile terkini, para laptop untuk bermain gim yang diluncurkan Lenovo tentunya juga dilengkapi kartu grafis tambahan yang bertenaga. Mereka dilengkapi dengan kartu grafis tambahan yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX seri 30. Kombinasi kedua komponen bersangkutan plus dukungan komponen lainnya diyakini Lenovo membuat laptop-laptop yang diluncurkannya mumpuni untuk digunakan bermain aneka gim masa kini. Kehadiran para laptop yang dimaksud juga melengkapi portofolio Lenovo sekaligus diklaim mendukung gaya hidup masyarakat yang makin hibrida.

Games sudah menjadi bagian dari kehidupan kita di new normal saat ini dan rasanya saya bisa mengatakan bahwa setiap orang adalah gamer,” ujar Santi Nainggolan (Consumer Lead, Lenovo Indonesia) sembari menekankan pasar PC untuk bermain gim berkembang pesat beberapa tahun terakhir. “Bagi kami yang terpenting adalah Anda sebagai pelanggan. Kami mendegarkan masukan dan kebutuhan Anda dari berbagai media sosial dan juga grup komunitas kami. Visi kami masih sama untuk terus menghadirkan inovasi dan terobosan terbaru ‘smarter technology for all’. Oleh karena itu, hari ini kami kembali hadir menambah portofolio ekosistem gaming Lenovo Legion 2021 dengan berbagai product,” tambahnya.

Terdapat 4 seri laptop untuk bermain gim yang diluncurkan Lenovo, yakni 3 Legion dan 1 IdeaPad. Keempat laptop untuk bermain gim itu adalah Lenovo Legion 7i, Lenovo Legion 5i Pro, Lenovo Legion 5i, dan Lenovo IdeaPad Gaming 3i; tentunya versi terbaru, 2021. Ketiga Lenovo Legion yang diluncurkan menggunakan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H yang diluncurkan belakangan tadi. Lenovo IdeaPad Gaming 3i sendiri, dari rilis spesifikasi yang InfoKomputer terima, menggunakan Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H35. Adapun informasi lebih lengkap mengenai Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake H yang dimaksud bisa dilihat pada tulisan InfoKomputer di sini.

Lenovo Legion 7i

Lenovo Legion 7i.

Sebagai seri tertinggi yang diluncurkan, Lenovo Legion 7i menggunakan prosesor Intel Core i7-11800H dan kartu grafis tambahan dengan GPU sampai NVIDIA GeForce RTX 3080. Menemani kedua komponen tersebut, Lenovo Legion 7i memanfaatkan memori utama DDR4 32 GB, media simpan SSD PCI Express sampai 2 TB, dan baterai berkapasitas 80 Wh. Adapun layar yang dipasangkan adalah layar 16 inci berpanel IPS dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, refresh rate 165 Hz, color gamut sRGB sebesar 100%, Dolby Vision, NVIDIA G-Sync, dan tervalidasi X-Rite Pantone. Yang terakhir ini bermanfaat bila Anda banyak melakukan desain dan pencatakan karena bisa membantu memastikan warna yang didesain maupun dicetak serupa pada perangkat lain yang juga tervalidasi X-Rite Pantone.

Selain prosesor dan kartu grafis tambahan terkini, Lenovo juga memasangkan sistem pendingin terkininya pada Legion 7i. Sistem pendingin yang disebut Lenovo Legion Coldfront 3.0 ini hadir dengan kinerja yang lebih baik dari sistem pendingin sebelumnya. Lenovo Legion Coldfront 3.0 hadir antara lain dengan heatsink yang diklaim bisa mencakup hampir seluruh bagian penting dari mainboard — seperti VRM, memori utama, dan PCH, tidak hanya prosesor dan GPU; vapor chamber; heatpipe yang lebih efisien, dan aliran udara yang lebih banyak. Lenovo mengeklaim dengan Legion Coldfront 3.0 kinerja Intel Core i7-11800H dan NVIDIA GeForce RTX 3080 bisa dimaksimalkan tanpa throttling. Lenovo menambahkan Legion Coldfront 3.0 pada Legion 7i bisa menangani NVIDIA GeForce RTX 3080 dengan TGP (total graphics power) 165 W.

Menemani Lenovo Legion Coldfront 3.0 adalah Lenovo Legion AI Engine. Lenovo menyebutkan Legion AI Engine bisa mengoptimalkan pembagian daya antara prosesor dan kartu grafis agar menghasilkan kienerja bermain gim terbaik. Dengan kata lain, Lenovo Legion AI Engine secara otomatis bisa mengatur kecepatan prosesor dan kartu grafis agar gim yang dimainkan beroleh fps (frame per second) yang lebih tinggi. Lenovo mengeklaim peningkatan sampai 17%.