PermataBank berhasil terpilih menjadi salah satu bank partisipan untuk menerapkan inisiatif Cross-Border QR Payment yang merupakan milestone daripada Indonesian Payment System Blueprint 2021.
Dalam fase awal ini, Bank Indonesia telah bekerja sama dengan Bank of Thailand sehingga pengunjung dari Thailand dapat melakukan pembayaran dengan scan QR di seluruh merchant QRIS di Indonesia.
Demikian juga pengunjung Indonesia ke Thailand bisa melakukan pembayaran QR di semua merchant di Thailand.
Bank Indonesia menyebutkan bahwa melakukan pembayaran menggunakan Cross-Border QR Payment akan menguntungkan nasabah karena lebih murah dan tanpa biaya tambahan.
Nasabah yang sedang berada di luar negeri juga tak perlu lagi menukar uang di money changer atau menarik uang di ATM luar negeri.
Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan, “PermataBank bangga menjadi salah satu bank partisipan dalam implementasi Cross-Border QR Payment yang nantinya akan dengan mudah diakses melalui PermataMobile X.”
“Keterlibatan PermataBank sejalan dengan himbauan pemerintah untuk mewujudkan ekosistem cashless society. Partisipasi ini juga menjadi wujud nyata kami untuk memberikan pelayanan keuangan yang simple, fast, dan reliable bagi nasabah,” tambah Djumariah.
Dalam tahap awal implementasi Cross-Border QR Payment, nasabah PermataBank nanti akan dapat melakukan pembayaran menggunakan Thai QR Codes milik Thailand dengan lebih cepat melalui aplikasi digital banking PermataMobile X.
Selanjutnya, pemerintah juga akan memperluas penerapan fitur ini ke QR code milik negara lain, sehingga nasabah PermataBank ke depannya dapat menikmati kemudahan dalam bertransaksi di berbagai negara.
Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengungkapkan, aplikasi PermataMobile X yang dilengkapi fitur QR Pay berbasis QRIS bisa dipergunakan nasabah untuk melakukan pembayaran dengan scan QR code di semua merchant yang sudah mengadopsi QRIS yang kini sudah mencapai 8.17 juta merchant di Indonesia.
“Dengan kerja sama Cross-Border QR Payment antara Bank Indonesia dan Bank of Thailand ini, nasabah dan merchant di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran berbasis Cross-Border QR Payment secara instan. Dengan demikian, nasabah PermataBank dapat menggunakan PermataMobile X QR Pay untuk pembayaran ketika berbelanja di Thailand. Demikian juga pengunjung Thailand ke Indonesia bisa melakukan pembayaran dengan aplikasi pembayaran berbasis QR di seluruh merchant QRIS Indonesia,” jelas Abdy.
Dilanjutkan Abdy, transaksi menggunakan QRIS juga menjadi salah satu cara pembayaran yang praktis dan menguntungkan bagi masyarakat, terutama di masa pandemi COVID-19 yang mendorong transaksi tanpa uang fisik atau secara cashless and frictionless.
“Sejak peluncurannya pada 2020, fitur QR Pay berbasis QRIS di PermataMobile X disambut dengan sangat baik oleh nasabah dan mengalami pertumbuhan transaksi yang signifikan yaitu lebih dari 300% YoY,” ujar Abdy.
Baca Juga: Pengguna QRIS di Indonesia Tembus 10.4 Juta Pedagang September 2021
Baca Juga: Bank DBS Indonesia meluncurkan Kartu Kredit Digital digibank