Find Us On Social Media :

Inilah Tiga Manfaat Promosi Bisnis Lewat Nano Influencer Bagi UMKM

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 September 2021 | 20:15 WIB

Ilustrasi Influencer

Bagi pebisnis seperti di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), ada banyak cara untuk mempromosikan produk dan layanan kepada pelanggan.

Salah satu cara yang banyak diterapkan saat ini adalah strategi “word of mouth” alias pemasaran dari mulut ke mulut.

Strategi ini dilakukan oleh pihak-pihak tertentu melalui sebuah platform untuk mempromosikan produk atau jasa kepada pelanggan. Salah satu pihak yang dapat menjadi agen word of mouth adalah nano influencer.

Influencer tipe nano biasanya memiliki basis pengikut atau followers di platform media sosial yang cukup banyak dari keluarga dan teman dekatnya.

Taris Adani selaku Head of Business Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan mengatakan “Penerapan strategi pemasaran melalui nano influencer ini merupakan salah satu cara cerdas terutama bagi pelaku usaha UMKM pada era digital seperti sekarang ini.”

“Pemasaran lewat nano influencer dapat dikatakan efektif karena rata-rata nano follower merupakan circle atau teman terdekat mereka, sehingga intensitas berkomunikasi kepada followersnya terbilang cukup aktif sehingga memiliki tendensi engagement yang tinggi,” tambah Taris.

Lebih lanjut, ia menyebutkan setidaknya ada tiga kelebihan nano influencer yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha UMKM, di antaranya:

1. Lebih Mengenal Target Audience

Berbeda dengan macro influencer sekelas selebriti yang memiliki tipe followers yang beragam, salah satu kelebihan dari pemasaran menggunakan nano influencer adalah mereka lebih mengenal target audiensnya yang kebanyakan merupakan teman dan keluarga.

Tak jarang, pengikut mereka memiliki preferensi yang sama dengan sang influencer. Hal inilah yang membuat nano influencer memiliki basis penggemar yang erat dan saling mendukung satu sama lain.

“Sehingga pelaku usaha termasuk pebisnis UMKM dapat memilih influencer yang memiliki bidang dan minat sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan,” cetus Taris.

2. Lebih Dekat dengan Followers-nya

Perbedaan antara nano influencer dengan macro influencer adalah jumlah followers atau pengikutnya. Nano influencer membangun kedekatan dengan pengikutnya satu persatu sehingga hubungan yang terjalin di antara mereka lebih erat.