Find Us On Social Media :

Balapan Virtual yang Digelar Ban Michelin Punya 5 Fakta Unik Ini

By Indah PM, Kamis, 30 September 2021 | 14:30 WIB

Ilustrasi eSports

Michelin, perusahaan mobilitas global bersama Gran Turismo secara resmi menutup rangkaian turnamen Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021, yang diadakan selama periode Agustus - September 2021.

Lomba adu cepat dan kreativitas otomotif yang berlangsung secara virtual ini diikuti oleh sebanyak 200 peserta yang mendaftarkan diri dari seluruh Indonesia dengan total hadiah senilai Rp50 juta.

Turnamen balap virtual Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021 digelar untuk dapat menghubungkan para peminat e-sports, khususnya penghobi balap virtual melalui aktivitas seru yang bisa diikuti dari rumah masing-masing.

“Inovasi dan teknologi ban kelas dunia dari Michelin dapat dirasakan melalui simulasi permainan Gran Turismo, sebagaimana dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Steven Vette (Presiden Direktur Michelin Indonesia).

Inisiatif Michelin dan Gran Turismo ini pun disambut baik oleh dua pembalap profesional, Rizal Sungkar dan Luthfi Aziz yang berpartisipasi pada salah satu sesi adu cepat bersama para pro-racers dan gaming influencers.

Berikut 5 fakta menarik dibalik kesuksesan Michelin Gran Turismo Sport Indonesia Series 2021.

1. Terdapat 6 tipe mobil balap yang digunakan dalam turnamen

Peserta turnamen dapat memilih 6 tipe mobil balap yang masuk ke dalam dua kategori, tergantung pada balapan dan sirkuit. Tiga mobil yang masuk pada kategori Grade 3 adalah Porsche 911 RSR 2017, BMW M6 GT3 201 (M Power Livery), dan Mercedes AMG GT3 2016. Sedangkan, di kategori Grade 4 terdapat Porsche Cayman GT4 Clubsport 2016, GT by Citroen, dan Chevrolet Corvette C7.

2. Sirkuit yang digunakan merupakan sirkuit yang dipakai pada ajang balap ikonik Gran Turismo di dunia nyata

Para penghobi otomotif dan penggemar balap, pasti sudah tidak asing dengan sirkuit ikonik seperti Circuit De La Sarthe Le Mans di Perancis Barat yang merupakan salah satu trek untuk balapan dengan kecepatan tertinggi di dunia, yang sangat menguji aerodinamika mesin balap dan sering dipakai untuk uji ketahanan balap selama 24 jam. Juga sirkuit Sardegna Layout B di Italia yang memiliki jalur jalan teknis berkecepatan tinggi yang menampilkan jalur lurus penuh dan tikungan tajam. Sirkuit De Sainte Croix Layout B, trek asli bertema danau Sainte-Croix yang terletak di wilayah Provinsi Perancis Selatan. Sirkuit Red Bull Ring di Austria yang dikenal sebagai sirkuit berkecepatan tinggi dengan medan sulit seperti bukit tanjakan dan turunan tajam dimana keahlian pengemudi akan sangat diuji, dan Circuit De Barcelona Catalunya, salah satu trek balap terkemuka di Spanyol yang memiliki lintasan lurus yang panjang dan berbagai macam tikungan, dimana trek ini sering digunakan sebagai trek pengujian bagi para pembalap.

3. Selain turnamen balap, terdapat lomba modifikasi balap dan fun matchbersama para influencer & professional racer

  Michelin bersama Gran Turismo juga mengadu kreativitas peserta dengan menghadirkan lomba modifikasi mobil balap dan fun match bersama para influencer & professional racer seperti Rizal Sungkar, Luthfi Aziz, Benny Moza dan Meutia Maharani yang sekaligus memberikan kesempatan bagi para pembalap untuk berpacu secara langsung dengan para pelaku e-gaming di Indonesia. Lomba modifikasi sendiri diikuti oleh 25 peserta yang diwajibkan untuk mengimplementasikan logo Michelin, stiker Bibendum/Michelin Man, dan ban Michelin pada desain modifikasi.

4. Profil pembalap yang berlatar belakang e-sport player