Find Us On Social Media :

JX Indonesia, JD.ID Dorong Digitalisasi Jual Beli UMKM Kota Serang

By Liana Threestayanti, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, JX Indonesia dan JD.ID menyelenggarakan program edukasi UMKM.

Bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, JX Indonesia dan JD.ID menyelenggarakan program unggulan “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil”.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM Kota Serang pada akhir September lalu, Drs. Wasis Dewanto, M.Pd, M.Si., program edukasi dan pelatihan bagi UMKM ini sukses mengajak 50 pelaku UMKM di Kota Serang.

Rangkaian kegiatan ini bertujuan berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UMKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan  kebutuhan para #TemanOnlineSeller.

Dorong Digitalisasi Jual Beli UMKM

Beberapa materi yang disampaikan oleh para pembicara dalam program ini, seperti pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, dan penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

“Kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha terutama UMKM Kota Serang agar dapat semakin berkembang dalam hal digitalisasi kegiatan jual-beli, khususnya pemanfaatan platform e-commerce. Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Serang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” Wasis Dewanto, Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM, Kota Serang memaparkan latar belakang dan tujuan program ini. 

Adhika Yosmik, Head of Marketing, JX Indonesia mengatakan bahwa sebagai mitra kerja, JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik “hulu ke hilir” bagi rekan usahanya. “Tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Serang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin,” imbuh Adhika.

Aneka Materi Dari COD Hingga Platform JD.ID

Sebagai pemateri tentang metode pembayaran cash on delivery (COD), Charlie, Head of Sales JX Indonesia, menjelaskan bahwa COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan. 

“Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70 persen konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi di mana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online,” ujar Charlie.

Sementara pembicara untuk topik tentang platform e-commerce unggulan di Indonesia, JD.ID, Rurri Ramadhan, Marketplace Training and Development Specialist JD.ID menyampaikan bahwa, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi setiap tahunnya meski masih tergolong muda jika dibandingkan dengan lini bisnis ritel perusahaan.

“Berbagai upaya dan terobosan pun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami. Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Serang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami “naik level”. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah,” imbuh Rurri.