Find Us On Social Media :

Diluncurkan Hari ini, Begini Cara Mudah Download Windows 11 Gratis

By Adam Rizal, Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Inilah fitur baru dari Windows 11

Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya Windows 11 sekaligus menjadi penerus sistem operasi Windows 10. Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11 .

Microsfot memastikan pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis mulai hari ini atau 5 Oktober 2021.

Seperti perilisan Windows sebelumnya, ketersediaan Windows 11 secara gratis akan digulirkan secara bertahap karena Microsoft akan mendahulukan perangkat baru yang kompatibel.

Setelah itu, Windows 11 baru akan tersedia ke lebih banyak konsumen dalam beberapa pekan ke depan.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat (kompatibel) akan mendapat penawaran upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022," jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan dalam menu Windows Update. Berikut cara untuk mendownload Windows 11 secara gratis seperti dilansir The Verge:

  1. Buka menu pengaturan/settings
  2. Pilih Pembaruan Windows/Update Windows
  3. Pilih Periksa pembaruan
  4. Jika tersedia, Anda akan melihat Pembaruan fitur ke Windows 11
  5. Klik Download/Unduh dan install

Fitur-fitur Terbaru

Windows 11 memiliki fitur terbaru yang ditunggu-tunggu yaitu OS Android tanpa modifikasi khusus, mengingat selama ini aplikasi Android hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau dengan cara dual boot OS.

Namun, pengguna awal Windows 11 tampaknya harus bersabar, karena dukungan untuk Android baru tersedia pada 2022.

Microsoft juga bekerja sama dengan Intel menggunakan teknologi Intel Bridge, yang membuat aplikasi Android bisa berjalan di sistem berbasis x86. Aplikasi Android di Windows 11 tak hanya bekerja dalam komputer ber-CPU Intel saja, melainkan juga AMD dan ARM.

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan, CPU yang mendukung Windwos 11 adalah Intel generasi 8 atau yang lebih baru.

Namun, Microsoft mengatakan ada solusi yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 untuk perangkat lama.