Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Windows 11?

By Adam Rizal, Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:30 WIB

Windows 11

Perusahaan software terbesar di dunia Microsoft resmi meluncurkan Windows 11 di seluruh dunia sebagai upgrade gratis untuk pengguna Windows 10.

Sistem operasi baru ini hadir untuk menggantikan Windows 10 yang telah berumur 6 tahun. Setiap komputer yang telah memiliki Windows 10, Windows 8, dan Windows 7 dapat segera melakukan update ke Windows 11 ini.

Chief product officer Windows Panos Panay mengatakan Windows 11 menawarkan desain yang lebih segar dan bersih serta mudah pengoperasiannya termasuk bagi orang yang belum paham eknologi sekalipun. Para ahli telah menyimpulkan Windows 11 telah siap beroperasi dan tidak ada masalah berarti, usai mengujinya secara ekstensif melalui program uji coba Window's Insider.

"Upgrade ini telah siap sekarang," pungkasnya.

Lantas apa saja Fitur-fitur terbaru Windows 11? Tampilan yang lebih segar

Perubahannya mungkin tidak terlalu terasa, namun Windows 11 tampil dengan terlihat lebih segar. Perubahan terjadi pada sudut jendela yang kini melengkung (rounded corner); tidak persegi seperti Windows sebelumnya.

Microsoft juga mengklaim, mereka memperhatikan pencahayaan yang natural, termasuk pada jendela semi transparan (translucent layer) yang muncul pada Widget. Anda juga dapat mengubah tampilan Windows menjadi dark mode, dengan tetap menonjolkan icon dan menu.

Tombol Start pindah ke tengah

Perubahan paling terasa mungkin di tombol Start. Posisinya kini di tengah, tidak lagi di sisi kiri seperti selama ini (namun ada opsi untuk “mengembalikan” ke kiri jika mau). Saat tombol Start ini diklik, Anda juga tidak lagi menemukan Live Tile seperti di Windows 10. Sebagai gantinya, akan muncul kumpulan aplikasi dan dokumen terakhir yang Anda buka. Anda juga bisa memasang (pin) aplikasi dan file favorit di tombol menu tersebut.

Snap Layout

Jika Anda biasa bekerja dengan beberapa jendela secara bersamaan, Windows 11 memiliki fitur Snap Layout. Fitur ini memiliki beberapa opsi untuk menampilkan 2-4 jendela sesuai selera Anda.

Vertical Tab di Edge